Menpan-RB Tjahjo Kumolo Wafat, Emil: Saya Kehilangan Orang Baik dan Hebat

BANDUNG INSPIRA –  Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya Mentri PAN-RB Tjahjo Kumolo usai menjalani perawatan intensif di di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta pada Jumat, 1 Juli 2022. 

Emil bersaksi jika Tjahjo merupakan sosok yang baik dan hebat. Ia pun mengakui merasa kehilangan sosok almarhum. 

“Atas nama pemerintah masyarakat jawa barat, kami menghaturkan rasa duka cita yang mendalam atas pulangnya menpar RB, pak Tjahjo Kumolo. Saya saksinya beliau orang hebat, orang baik,” ungkap Emil di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (1/7/2022). 

Lebih jauh Emil mengaku, banyak ilmu yang didapatkan dari sosok Tjahjo baik itu ketika menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan hingga kini Menteri PAN-RB. Bahkan, beber Emil, dirinya kerap berbincang dengan almarhum dalam menata pemerintah daerah baik saat Emil menjabat sebagai Wali Kota Bandung atau pun saat ini sebagai Gubernur Jabar.

“Membimbing kami saat Mendagri kemudian Menteri PAN-RB, ilmunya sangat banyak dalam perbincangan berdua berikan nasehat nesehat ke saya,” paparnya. 

Emil juga merasa kehilangan sosok yang penuh memberikan inspirasi tersebut dalam menana pemerintahan. Ia berharap, Tjahjo mendapatkan tempat yang layak disisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan agar tabah serta meneruskan perjuangan Tjahjo mengabdi pada negara.

“Saya sangat kehilangan, mudah-mudahan diterima iman islam, diluaskan kuburnya, diampuni khilaf-khilafnya dan semua nasehatnya akan menjadi inspirasi khususnya buat saya,” ungkap Emil. 

Sebelumnya, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil juga menyampaikan ucapan dukacita di akun instagramnya @ridwankamil. 

“TURUT BERDUKA CITA, Atas berpulangnya orangtua dan guru kami semua, Bpk Menteri PAN/RB, Bpk Tjahjo Kumolo,” tulis Ridwan Kamil. 

“Semoga diterima iman islamnya, diampuni segala dosa khilafnya dan ditempatkan di sisi terbaikNYA,” tambah Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil juga mendoakan keluarga Tjahjo Kumolo diberi kekuatan, kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi ujian ini.

“Kami kirimkan doa terbaik dan alfatihah. Semoga ilmu, nasehat yang kami terima dan keteladanan almarhum yang kami saksikan menjadi inspirasi bagi kita semua. Aamiin,” kata Ridwan Kamil.

Seperti diketahui, Tjahjo Kumolo wafat pada pukul 11.10 WIB, Jumat, 1 Juli 2022, usai menjalani perawatan intensif di di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta sejak pertengahan Juni. Politikus senior PDI Perjuangan itu tutup usia akibat menderita sakit komplikasi. (TRI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.