Mengenal CGI, Teknologi yang Digunakan dalam Film Avatar: The Way of Water 2022

Perkembangan teknologi komputer saat ini telah banyak membawa perubahan terhadap industri perfilman. Salah satunya adalah penggunaan efek visual Computer Generated Imagery atau yang lebih dikenal dengan singkatan CGI. Teknologi CGI sendiri merupakan pencitraan 3D digital yang dapat menciptakan efek lebih nyata pada suatu adegan dalam film.

Avatar: The Way of Water 2022 menjadi salah satu film yang terbilang cukup sukses dalam menciptakan efek CGI. Film ini ramai diperbincangkan karena berhasil memukau mata para penontonnya dengan efek CGI yang luar biasa! Sebagian besar adegan yang menampilkan panorama dalam laut di lingkungan suku air pada cerita film ini, terlihat sangat menarik.

Penggunaan efek CGI memiliki peran yang sangat penting dalam film garapan James Cameron ini. CGI dibutuhkan untuk menciptakan dunia fiksi bernama ‘Pandora’, yang sebenarnya tidak ada di dunia nyata. Bahkan untuk menyempurnakan efek CGI-nya, film ini mengeluarkan budget sebanyak Rp3,2 triliun selama proses produksi. Hal tersebut membuat film Avatar: The Way of Water 2022, menjadi salah satu film dengan biaya CGI termahal!

Meskipun terbilang mahal, CGI sangat dapat diandalkan dalam pembuatan film. Berikut beberapa manfaat dari penggunaan CGI :

  1. Menampilkan Adegan yang Memukau
    Penggunaan teknologi CGI mampu menciptakan efek khusus yang membuat film tampak realistis serta dramatis. Hal ini dapat memanjakan mata para penonton, terutama bagi mereka yang sangat mengutamakan visual dalam suatu film.
  2. Mempermudah Proses Shooting
    Efek CGI dapat mempermudah pembuatan suatu adegan yang memerlukan efek atau latar belakang yang sulit.
  3. Meminimalisir Risiko dari Adegan Berbahaya
    Dengan penggunaan CGI, adegan berbahaya yang mungkin dapat menyebabkan sang aktor mengalami cedera, dapat diminimalisir. Seperti adegan jatuh maupun ledakan yang dapat diakali dengan penggunaan CGI.
  4. Mengurangi Perekrutan Pemeran Figuran
    Sudah bukan hal yang asing jika terdapat sebuah film yang membutuhkan banyak pemeran figuran untuk adegan tertentu. Namun dengan adanya CGI, adegan-adegan yang membutuhkan kerumunan, tidak lagi harus merekrut banyak pemeran figuran.

Tampilan ciamik dari efek CGI, terbentuk dari adanya integrasi gambar komputer dengan lokasi dan objek dari dunia nyata. Perpaduan dari kedua elemen tersebut, menghasilkan visual yang tampak realistis dan dramatis. itulah mengapa CGI berperan penting untuk mewujudkan imajinasi yang ada dalam sebuah film.

Terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum menggunakan teknologi ini pada sebuah film yaitu set studio yang besar, aplikasi software, green screen serta lighting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *