Mahasiswa Padati Sektor Patung Kuda Jakpus, Tuntut Pecat Menteri Biang Keladi 3 Periode

JAKARTA INSPIRA,- Demo mahasiswa yang terjadi pada hari Senin (11/4/2022) terpantau mulai merapat ke kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Gelombang massa mulai berdatangan sejak pukul 13.30 WIB. Mahasiswa meminta Presiden Jokowi untuk segera memecat menteri yang menjadi dalang tiga periode.

Mahasiswa yang tergabung dari organisasi HMI Cabang Jakarta Pusat, mulai melakukan orasi di depan Patung Kuda. Mahasiswa HMI yang hanya berjumlah belasan orang memampangkan spanduk bertuliskan ‘HMI Menolak 3 Priode, Turunkan Jakowi’.

“Jokowi tak layak tiga priode, mending turun,” kata sang orator di depan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (11/4/2022).

Dalam orasi kali ini, sang orator juga mendesak pemerintah agar segera memecat para menteri yang menjadi dalang presiden Jokowi tiga priode. “Segera pecat para menteri dalang tiga priode,” pintanya tegas.

Mereka yang datang tiba-tiba menggunakan sepeda motor langsung memblokade jalan arah depan Patung Kuda menuju Istana Presiden. Jalanan yang belum dilakukan penutupan dari arah jalan Merdeka Barat itu pun tampak langsung macet.

“Turunkan Jokowi, kalian itu para pengkhianat,” kata sang oratar lainnya.

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan menggelar unjuk rasa di Istana Negara.  Unjuk rasa ini diklaim bakal diikuti 1.000 mahasiswa dari Aliansi BEM SI.

Demo mahasiswa 11 April tiba-tiba berubah dari depan Istana Negara Jakarta ke gedung DPR RI. Tuntutan BEM SI juga berubah menjadi empat tuntutan saja.

“Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia akan menggelar aksi untuk yang kedua kalinya yang saat ini bertempat di Rumah Rakyat atau Gedung DPR RI, dengan tujuan untuk menyampaikan aspirasi dan memberikan peringatan kepada wakil rakyat terkait berbagai permasalahan yang ada,” kata Koordinator Media BEM SI, Luthfi Yufrizal kepada wartawan.

Berikut empat tuntutan mereka:

1. Mendesak dan menuntut wakil rakyat agar mendengarkan dan menyampaikan aspirasi rakyat bukan aspirasi partai.

2. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menjemput aspirasi rakyat sebagaimana aksi massa yang telah dilakukan dari berbagai daerah dari tanggal 28 Maret hingga 11 April 2022.

3. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk tidak mengkhianati konstitusi negara dengan melakukan amandemen, bersikap tegas menolak penundaan pemilu 2024 atau massa jabatan 3 periode.

4. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menyampaikan kajian disertai 18 tuntutan Mahasiswa kepada Presiden yang hingga saat ini belum terjawab. (MSN/JUN)

Leave a Reply

Your email address will not be published.