KPID Jabar Ungkap Kendala Soal Distribusi STB Bagi Warga Miskin Jelang ASO Tahap I

BANDUNG INSPIRA,- Beberapa kendaladiungkapkan oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPID) Provinsi Jawa Barat terutama dalam pendistribusian Set Top Box (STB) bagi warga miskin.

Ketua KPID Jabar, Adiyana Slamet, mengatakan salah satu kendala yang dialami masyarakat yakni teknis. Sebagian masyarakat tidak tahu bagaimana cara mendapatkan STB gratis.

Hal tersebut diketahui setelah KPID Jabar melakukan sosialisasi terkait STB dalam program TV Digital ke 72 titik di 72 titik se-Jabar.

“Jadi masyarakat itu tahu sebenarnya STB, kemudian masalah teknis ini mau bagaimana pemasangan STB untuk masyarakat yang tidak mampu, itu cara untuk mendapatkan STB yang gratis itu seperti apa,” kata Adiyana dalam Dialog ASO yang dilaksanakan di Hotel Holiday Inn, Kota Bandung, Jumat (22/4/2022).

Pihaknya berharap koordinasi dan kerjasama dengan pemerintah pusat dalam pendistribusian STB ini.

“Kasarnya kami sudah membabat hutan untuk coba mencoba memberikan jalan, tapi kemudian Multipleksing ini melakukan distribusi mikro ke Jabar. Sebenarnya ini sangat disayangkan ketika kebijakan harusnya berkolaborasi untuk mensukseskannya tapi kemudian ini seolah parsial yang jalan sendiri-sendiri,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Jabar, Ika Mardiah, menyampaikan pendistribusian tersebut berada di luar kewenangan pemerintah daerah mulai dari pelaksanaan hingga pengawasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.