Kepala SMKN 5 Bandung Terjaring OTT Saber Pungli

BANDUNG INSPIRA – Tim Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) Jawa Barat melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) kepada  5 orang yang bertugas di SMKN 5 Kota Bandung. Diduga ke-5 orang tersebut melakukan pungutan liar kepada orang tua siswa dengan barang bukti yang puluhan juta rupiah. 

Lima orang yang berhasil diamankan yaitu Kepala Sekolah berinisial DN, Wakil Kepala Sekolah berinisial EB, TTG dan AT selaku pegawai kontrak sementara, serta TS selaku operator. 

Humas Satgas Saber Pungli Jabar, Yudi Ahadiat menjelaskan, pihak sekolah diduga telah meminta uang iuran pramuka kepada orang tua siswa. Pasalnya, operasi tersebut dilakukan pasca salah seorang orang tua siswa melakukan pengaduan kepada pihak Tim Satgas Saber Pungli. 

“Pengamanan ini bermula dari dumas (pengaduan masyarakat) orang tua siswa yang merasa keberatan karena adanya uang titipan, uang pramuka. Padahal kan pramukanya masih lama tanggal 20 Juli 2022, tapi kok sudah ada iuran yang harus dibayar,” beber Yudi saat dihubungi, Kamis (23/6/2022). 

Selanjutnya, dari aduan tersebut  pihaknya langsung bergerak menuju SMKN 5 yang berlokasi di Jalan Bojong Koneng, Rabu (22/6/2022) kemarin siang pukul 13.00 WIB. Pada saat dilakukan sidak, tim menemukan barang bukti uang puluhan juta rupiah. 

“Barang bukti yang didapat ada sekitaran uang Rp 40 juta lebih dan mereka yang diamankan tergabung dalam panitia PPDB,” kata Yudi. 

Lebih jauh ia juga menyampaikan, modus para pelaku yaitu menginformasikan kepada orang tua murid adanya uang sumbangan berkisar Rp3 juta dan uang pramuka Rp550 ribu. Informasi itu disampaikan saat daftar ulang.

“Nah Rp 40 juta itu dari 44 orang tua siswa kalau tidak salah. Tapi belum semuanya bayar,” tandasnya. (TRI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.