Jabar Hibahkan Sistem Manajemen ASN kepada Pemkab Batang dan Kepulauan Meranti

KOTA BANDUNG INSPIRA – Pemda Provinsi Jawa Barat menghibahkan sistem manajemen dan program peningkatan kinerja aparatur sipil negara (ASN) kepada Pemda Kabupaten Batang dan Pemda Kabupaten Kepulauan Meranti.

Hibah tertuang dalam Nota Penandatanganan Kerja Sama antara Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jabar dengan BKD Kabupaten Batang tentang Pelaksanaan Assessment Preferensi Kompetensi dan Potensi Pegawai Negeri Sipil.

Kemudian penandatanganan Kerja Sama antara BKD Jabar dengan Badan Kepegawian dan Pengembangan SDM Kabupaten Kepulauan Meranti tentang Replikasi Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian.

Penandatanganan disaksikan langsung Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Pj Bupati Batang Lani Dwi Rezeki, serta Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil, di Ruang Rapat Papandayan Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (19/9/2022).

Kang Emil — sapaan akrab Ridwan Kamil menuturkan — saat ini kinerja ASN Pemda Jabar tercatat yang terbaik di Indonesia. Tak heran banyak pemerintah daerah yang ingin mereplikasi tata kelola maupun aplikasi terkait kepegawaian.

“Kita kan kinerja ASN nya terbaik se-Indonesia jadi sekarang kami kedatangan banyak daerah yang mau mereplikasi sistem manajemen dan aplikasi-aplikasi dari Jabar. Jadi apa yang ada di Jabar kita hibahkan gratis kepada semua yang membutuhkan,” tuturnya.

Dalam beberapa kesempatan Kang Emil selalu mengingatkan bahwa setiap daerah harus mengurangi kompetisi dan memperbanyak kolaborasi karena sama-sama NKRI. Inilah alasan pihaknya selalu menyambut baik bila ada daerah lain yang ingin belajar ke Jabar.

“Itulah kenapa saya selalu welcome terhadap siapapun yang mau membangun NKRI ini dengan semangat kerja sama. Semua yang baik di Jabar silakan untuk dipelajari demi kemajuan Indonesia,” kata Kang Emil.

Adapun tujuan kerja sama tersebut untuk mengoptimalkan pengelolaan potensi dan SDM secara efektif dan efisien guna meningkatkan kinerja ASN dalam mengemban tugas.

Sementara itu Pj Bupati Batang Lani Dwi Rezeki mengungkapkan, sebelumnya ia memerintahkan perangkat daerahnya untuk mencari pemda lain yang manajemen kepegawaiannya berkualitas untuk direplikasi di Batang.

“Kami dapat informasi bahwa manajemen kepegawaian di Pemda Provinsi Jabar terbaik karena itu kami datang ke sini,” ungkapnya.

Menurut Lani, kerja sama tersebut sangat penting karena selain kualitas SDM meningkat, sisi anggaran juga akan lebih efektif dan efisien.

“Terima kasih kami kepada Gubernur Jabar dan jajaran, kerja sama ini sangat penting untuk kami di bidang kepegawaian,” ujarnya. (EN)

Leave a Reply

Your email address will not be published.