IPDN-Kemendagri Salurkan Bantuan Bagi Korban Gempa Cianjur Jawa Barat

SUMEDANG INSPIRA – Institut Pemerintahan Dalam Neger (IPDN) Kemendagri salurkan bantuan kemanusiaan, untuk para korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Salah satu sasaran penerima bantuan yakni warga di Desa Cibulakan, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. Tercatat warga terdampak bencana yang berada di pengungsian sebanyak 9.000 jiwa.

Rombongan kampus IPDN menuju lokasi bencana dipimpin langsung oleh Rektor IPDN Dr. Drs. Hadi Prabowo., M.M didampingi jajaran pimpinan dan 30 orang praja.

“Kita rombongan menuju lokasi bencana di Cianjur turut membawa 8 truk yang berisi bantuan logistik untuk korban bencana dan 1 unit mobil ambulance beserta tenaga medis. Sampai Cianjur, rombongan menuju 3 titik lokasi yakni Kantor Desa Cibulakan, lokasi pengungsian Lapangan Garogol dan SDN Kawunggading,” tutur Hadi Prabowo.

“Praja yang sejumlah 30 orang ditambah 4 pengasuh, 4 dokter dan 4 perawat langsung kami arahkan untuk memasang tenda darurat di Kantor Desa Cibulakan, jadi nanti mereka berserta tim medis akan berada disana untuk membantu masyarakat sekitar, khususnya terkait pelayanan administrasi pemerintahan desa setempat. Jadi tenda ini dibuat sebagai kantor desa darurat untuk mengurus roda pemerintahan,” kata dia.

Dikatakan Hadi, bantuan dari IPDN-Kemendagri tersebut diberikan kepada 222 Kepala Keluarga atau sekitar 416 orang yang ada di lokasi pengungsian tersebut.

“Jadi bantuan tersebut berupa 5 ton beras, 2.000 dus air mineral, 500 dus mie instan, 200 dus susu, 2 ton minyak goreng, 200 dus diapers, 20 dus baju layak pakai, 50 dus vitamin, 10 rol terpal, 2.000 selimut, 50 dus kayu putih,10 dus sabun mandi dan 2 tenda kompi dengan jumlah total pengeluaran sebesar Rp. 325.000.000,- (tiga ratus dua puluh lima juta),” bebernya.

Selain bantuan tersebut, sambung Hadi Prabowo, IPDN-Kemendagri juga memberikan bantuan berupa uang sebesar Rp 50.000.000,- untuk bantuan rehab desa dan bantuan untuk 1 pegawai IPDN yang turut menjadi korban gempa sebesar Rp 25.000.000,-. Sehingga total bantuan yang diberikan oleh IPDN sejumlah Rp. 400.000.000,- (empat ratus juta rupiah).

Rektor IPDN beserta rombongan mengunjungi posko bencana di 3 (tiga) titik lokasi tersebut untuk membagikan bantuan secara langsung kepada masyarakat korban gempa yang ada di tenda-tenda pengungsian.

“Kami salurkan secara langsung ya pada warga-warga terdampak bencana yang ada di tenda pengungsian,” ungkapnya.

Selain pada masyarakat, bantuan lainnya kemudian diterima oleh Kepala Desa Cibulakan BAapak Baden Zaki Rachmat dan disaksikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Cianjur Dadan Ginanjar., S.IP., M.Si.

Selain memberikan sumbangan, Rektor IPDN pun sempat memonitoring kondisi lingkungan sekitar yang terdampak gempa juga memberikan motivasi kepada korban gempa di tenda pengungsian.

“Kami berusaha semaksimal mungkin untuk dapat mendistribusikan bantuan ke korban gempa, semoga bantuan ini dapat sedikit meringankan beban korban gempa disini,” ujar Hadi.

Pada kesempatan tersebut, Hadi Prabowo juga berkunjung ke posko darurat TNI AL di Desa Cibulakan untuk berdiskusi dengan Komando Posko Bantuan TNI AL Brigjen TNI Hermanto., S.E., M.M

“Kami pun berkunjung ke posko darurat TNI AL dan berdiakusi terkait hal-hal yang masih diperlukan masyarakat sekitar, seperti sumber air bersih, aliran listrik, perawatan kesehatan, MCK darurat, dapur umum dan tenda pengungsian yang masih belum memadai,” kata Hadi.

Selanjutnya tim IPDN yang berpersonilkan praja putra dan putri, pengasuh dan tim medis akan membantu pemerintah setempat dalam mengurus korban gempa di Desa Cibulakan. Mulai dari membantu dalam pelayanan administrasi pemerintahan, membersihkan reruntuhan bangunan, menangani kebutuhan di posko bantuan dan pengungsian, membantu menangani korban yang terluka bahkan membantu trauma healing pada anak-anak kecil pasca bencana.

“Semoga seluruh warga terdampak bencana ini selalu diberi ketabahan, kekuatan dan kesehatan,” pungkasnya. (Roska)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *