Harga Cabai di Kabupaten Bandung Makin ‘Pedas’

KABUPATEN BANDUNG INSPIRA – Harga komoditas mengalami kenaikan tajam dibeberapa pasar tradisional Soreang Kabupaten Bandung yakni cabai domba dan bawang merah. Diduga kenaikan tersebut diakibatkan oleh cuaca buruk sehingga mengalami gagal panen. 

Berdasarkan pantauan Inspira di pasar tradisional Soreang Kabupaten Bandung, untuk jenis cabai rawit domba ada dikisaran Rp 100 ribu/kg. Sementara pada harga normal hanya berkisaran antara Rp 30.000 sampai dengan Rp 35.000/kg. Sedangkan untuk harga cabai merah saat ini dijual dengan harga Rp 60.000/kg yang sebelumnya hanya dijual dengan harga Rp 20.000/kg. 

Dampak kenaikan tersebut yitu omset para pedagang di pasar tradisional Soreang Kabupaten Bandung mengalami penurunan tajam. Bahkan dari mereka mengaku, tidak menyetok komoditas yang memiliki kenaikan harga cukup signifikan tersebut. 

“Saya harap kenaikan ini tidak akan lama, karena memang saya dengar kabar kenaikan karena cuaca buruk. Jadi aja harga cabai dan bawang mengalami kenaikan yang tinggi,” tutur salah seorang pedagang di pasar tradisional Soreang, Dodoy, Kamis (16/6/20220

Harapan serupa diungkapkan pedagang lainnya, Lilis. Menurutnya, kenaikan tersebut membuat penghasilannya mengalami penurunan. “Saya harap akan mengalami normal dan kenaikan harga tidak lama. Apalagi, akan menghadapi Idul Adha jangan sampai hanyanya terus naik,” tandasnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.