Arus Balik Lebaran: Polisi Siapkan Jalur Alternatif Jakarta-Bandung

JAKARTA INSPIRA,- Polda Metro Jaya menghimbau masyarakat dari Jakarta yang hendak menuju Bandung agar memilih rute alternatif yang telah disiapkan.

Rute alternatif yang disiapkan yaitu rute Ciawi yang langsung terhubung ke Sukabumi dan masuk Cianjur hingga menuju Bandung.

Rute alternatif ini diberlakukan hari ini tanggal 6 sampai 8 Mei 2022.

“Saat arus balik, kami siapkan rute alternatifnya arah Bandung,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Jumat (6/5/2022).

Rute alternatif lain, kata Sambodo, yaitu jalur Cibubur, Cileungsi, Jonggol kemudian tembus menuju Cianjur dan langsung ke Bandung.

Kemudian alternatif lainnya yakni jalan Raya Arteri Pantura, Kalimalang, Tambun, Kedungwaringin, Tanjung Pura sampai Karawang.

Selanjutnya mengarah ke Simpang Jomin sampai Purwakarta melewati Cikalong hingga tembus Padalarang Bandung.

“Alternatif lainnya melewati jalur arteri Subang, Wanayasa, kemudian sampai di Lembang, Bandung,” ujarnya.

Sebelumnya, Korlantas Polri memprediksi, puncak arus balik Lebaran 2022 diprediksi akan terjadi pada H+4 sampai H+6 atau tanggal 6 sampai 8 Mei 2022.

“Tanggal 6, 7 dan 8 itu juga nanti akan terjadi puncak arus balik yang cukup tinggi,” ungkap Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi dalam keterangannya, Selasa (3/5/2022).

Karena itu, masyarakat diiumbau tidak memilih kembali ke ibu kota pada tanggal-tanggal itu.

“Masyarakat bisa mempertimbangkan setelah melakukan silaturahmi dengan keluarga, dimanfaatkan waktu untuk pulang lebih awal,” imbaunya.

“Kalau memang waktu cutinya cukup, bisa pulang setelah tanggal 9. Sekali lagi untuk kenyamanan semua,” sambung Firman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.