Arah Puncak Bogor Macet, Contraflow Diberlakukan di Tol Jagorawi

BOGOR INSPIRA,- PT Jasa Marga memberlakukan contraflow di Tol Jagorawi arah Ciawi pada hari kedua Lebaran, Selasa (3/5). Kemacetan terpantau di ruas dari arah Jakarta menuju Puncak, Bogor.

“Atas diskresi kepolisian, Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) selaku pengelola Ruas Tol Jagorawi memberlakukan contraflow di ruas Tol Jagorawi arah Ciawi sebagai langkah antisipasi kepadatan lalu lintas menuju Puncak yang terjadi pada hari ini,” demikian pernyataan Jasa Marga yang diterima.

Jasa Marga menjabarkan bahwa contraflow sudah diterapkan mulai pukul 06.57 WIB di KM 44+500 sampai KM 46+500 khusus untuk kendaraan yang akan menuju Simpang Ciawi/Sukabumi.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com pukul 08.05 WIB, kemacetan mulai terjadi di KM 45. Pengemudi mulaimemelankan laju kendaraan. Di titik ini, rata-rata mobil melintas dengan kecepatan 25 kilometer per jam.

Kemacetan kian parah saat memasuki KM 46. Kendaraan bergerak merayap. Kecepatan yang dapat ditempuh kendaraan di titik ini hanya 20 km per jam.

Pemandangan mobil mengular terpantau sampai ke dekat Simpang Gadog. Dalam kondisi macet parah ini, kendaraan harus memakan waktu sekitar 10 menit dari KM 47 ke Simpang Gadog yang berjarak sekitar 600 meter.

Sementara itu, di samping luar batas jalan tol, terparkir banyak gerobak dagangan. Akibatnya, beberapa pengendara turun untuk jajan sembari menunggu mobil bisa bergerak.

Melihat kepadatan lalu lintas ini, Polres Bogor pun batal menerapkan sistem ganjil genap di Puncak dan menggantinya dengan one way.

Leave a Reply

Your email address will not be published.