Akhirnya Kota Bandung Punya Wali Kota, Selamat Kang Yana Mulyana

BANDUNG INSPIRA,- Gubernur Jawa Barat, Ridwal Kamil resmi melantik Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana sebagai Wali Kota Definitif Kota Bandung di Gedung Sate, Senin (18/4/2022). Dalam pelantikan yang berlangsung pukul 09.30 WIB tersebut Yana hadir didampingi istri tercinta Yunimar, sang ibu serta kedua anaknya.

Pelantikan berjalan lancar, Yana pun dengan lantang mengucapkan sumpah dan janji Wali Kota Bandung sisa masa jabatan 2018-2023. Pelantikan yang dinilai tertunda cukup lama yakni sekitar 4 bulan tersebut akhirnya dilaksanakan setelah adanya surat dari Inmendagri diterima Gubernur Jawa Barat pada pekan lalu.

“Kami baru menerima surat dari Kementerian Dalam Negeri pekan lalu, jadi memang surat itu ditunggu-tunggu dan saya baru punya waktu di hari senin ini,” beber Ridwal Kamil dalam sambutannya.

“Maka dilantik Pak Yana Mulyana, sekarang resmi menjadi Wali Kota Bandung. Tidak usah pakai Plt lagi dan bertugas sampai akhir masa jabatan di akhir tahun 2023,” sambungnya.

Dalam sambutannya tersebut, Ridwan Kamil menitipkan 3 pesan kepada Wali Kota Bandung disisa masa jabatannya. Tiga pesan itu yakni integritas, pelayanan, profesionalisme, dan komunikasi politik.

“Di sisa waktu ini saya minta komunikasi dengan Pemprov Jabar ditingkatkan agar pembangunan di sisa masa jabatan bisa maksimal baik dengan APBD sendiri maupun APBD dukungan dari Provinsi,” tutur pria yang akrab disapa Emil ini.

Menurutnya, Yana Mulyana sudah berpengalaman sebagai wakil dan sekarang jadi Wali Kota. “Tadi saya titipkan 3 hal agar menjadi perhatian khusus,” paparnya.

Disampiing itu, Emil juga berharap Yana Mulyana bisa menjaga Kota Bandung tetap kondusif. “Apalagi menjelang 2024 kan, pasti suhu memanas,” tuturnya lagi.

Lebih jauh ia berharap, mudah-mudahan nasihat yang disampaikannya tersebut,  Kota Bandung bisa lebih baik dan luar biasa.

“Setelah itu nanti pasti ada PJS (Pejabat Sementara) dari provinsi 1 tahun sampai ke 2024. Semoga semua terkendalj dengan baik,” imbuh Emil.

Seperti diketahui, Yana sempat menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung. Tepatnya saat Wali Kota Bandung, Oded M. Danial meninggal dunia pada 10 Desember 2021 lalu.

Dengan demikian, Yana  menjadi Wali Kota Bandung ke-17 sejak masa kemerdekaan. Mulai dari R.A Atmadinata, hingga era Ridwan Kamil dan Oded M. Danial. (TRI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.