BERITA INSPIRAHEALTHKESEHATAN

Minum Kopi Bereaksi Buang Air Besar? Ternyata Ini Penyebabnya

BANDUNG INSPIRA – Pernahkah kamu apabila sehabis minum kopi pasti pasca efek yang ditimbulkan tidak jauh dari sakit perut dan berujung harus ke toilet? Kira-kira ada kandungan apa ya dalam kopi sampai membuat kita cepat buang air besar? Artikel kali ini akan membahas kandungan yang terdapat dalam kopi berikut penjelasannya, yuk simak!

Pasalnya tidak semua orang merasakan efek yang sama apabila sehabis minum kopi. Ada beberapa orang meminum segelas kopi kerap diiringi dengan perut mulas yang berkontraksi karena ingin buang air besar.

Ternyata ada sejumlah alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi, mulai dari dampak kopi pada hormon usus hingga waktu yang tidak tepat saat meminum kopi.

Meski kopi tak memiliki efek merangsang usus yang sama pada semua orang, namun penelitian menunjukkan bahwa kopi meningkatkan keinginan untuk BAB setidaknya sepertiga populasi dan cenderung lebih berdampak pada wanita dibandingkan pria.

Efek ini bisa terjadi dengan cepat. Dilansir dari detikhealth, minum kopi dapat meningkatkan kontraksi otot di usus besar dalam waktu empat menit, yang dapat memicu keinginan untuk buang air besar.

Berikut kandungan kopi yang memiliki efek lebih kuat pada aktivitas otot usus besar:

1. Kafein Dalam Kopi

Meminum kopi berkafein memiliki efek 23 persen lebih kuat terhadap kontraksi usus besar dibandingkan kopi tanpa kafein. Artinya, meminum kopi berkafein kemungkinan besar akan memicu keinginan buang air besar yang lebih kuat dibandingkan kopi tanpa kafein.

2. Minum Kopi Pakai Susu
Tidak jarang meminum kopi dengan tambahan susu atau krim. Produk susu dapat menyebabkan kembung, diare, gas, mual, dan nyeri perut pada orang yang intoleran terhadap laktosa. Gejala intoleransi laktosa cenderung buruk seiring bertambahnya usia.

3. Kopi Tanpa Kafein
Meski kafein memiliki efek merangsang usus, kopi tanpa kafein juga telah terbukti memicu gerakan usus. Para ilmuan berpikir ada senyawa lain yang ditemukan dalam kopi seperti asam klorogenat dan melanoidin berperan dalam efek merangsang usus.

Dengan begitu, menghilangkan bahan tambahan kopi tertentu mungkin membantu mengurangi dorongan untuk buang air besar pada beberapa orang.

Nah itu dia tadi alasan kenapa minum kopi cepat buang air besar, karena kandungan kafein yang ada sangat berpengaruh besar untuk kontraksi usus besar. (Lailatul Latifah)**

About Us

Inspira Media adalah Media Holding yang bergerak di bidang content creator, content management, serta distribusi informasi dan hiburan melalui berbagai platform.