BERITA INSPIRANASIONALTRAVEL

Info Commuter Tembus 4 Juta Pengguna Jadi Pilihan Utama, Volume Penumpang Commuter Line Wilayah 2 Bandung Meningkat di Triwulan III 2024

BANDUNG INSPIRA – KAI Commuter Wilayah 2 Bandung terus mencatatkan pertumbuhan positif pada Triwulan III (Juli – September) tahun 2024, melayani hingga 4.043.872 pengguna Commuter Line. Ada peningkatan sebesar 113,81% dibandingkan dengan Triwulan III tahun sebelumnya yang mencatat 3.553.212 pengguna.

Sedangkan untuk total volume pengguna sepanjang 2024 hingga 30 September tercatat sebanyak 11.802.889 pengguna, meningkat 9,37% dibandingkan tahun sebelumnya. Di periode yang sama tahun lalu tercatat sebanyak 10.791.650 pengguna.

Peningkatan jumlah pengguna Commuter Line di wilayah 2 Bandung ini juga tercermin pada rata-rata pengguna harian. Pada tahun 2024 ini rata-rata pengguna Commuter Line di Wilayah 2 Bandung sebanyak 43.076 pengguna per hari. Dibandingkan tahun 2023 lalu, peningkatannya mencapai 8,97% dari rata-rata 39.530 pengguna per hari.

“Ini menjadi torehan yang membanggakan, lantaran adanya peningkatan volume pengguna Commuter Line di Wilayah 2 Bandung,” jelas VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus. “Ini menunjukkan antusiasme sekaligus kepercayaan pengguna Commuter Line di Bandung Raya semakin membaik terhadap KAI Commuter.”

Sementara itu selama triwulan ketiga 2024, Stasiun Bandung yang juga menjadi stasiun integrasi dengan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) merupakan stasiun pemberangkatan dan stasiun tujuan dengan volume pengguna terbanyak. Tercatat, sebanyak 544.540 pengguna yang berangkat dan 597.694 pengguna yang datang di stasiun tersebut.

Sementara itu, Stasiun Cikarang yang juga stasiun integrasi dengan KAJJ dan Commuter Line Jabodetabek yang menjadi pintu masuk ke wilayah Jabodetabek pun mencatat 419.302 pengguna yang berangkat dan 434.561 pengguna yang datang di stasiun ini.

Menghadapi tren peningkatan volume pengguna, KAI Commuter terus meningkatkan layanannya dengan mengoperasikan 58 perjalanan Commuter Line di Wilayah 2 Bandung setiap harinya. KAI Commuter mengoperasikan 40 perjalanan Commuter Line Bandung Raya, 10 perjalanan Commuter Line Walahar, 2 perjalanan Commuter Line Cibatuan, 2 perjalanan Commuter Line Jatiluruh dan 4 perjalanan Commuter Line Garut.

KAI Commuter mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengguna atas dukungan dan kepercayaannya kepada Commuter Line sebagai alat transportasi pilihan masyarakat. “Kami sangat mengapresiasi kepercayaan masyarakat terhadap layanan Commuter Line di Wilayah 2 Bandung,” ujar Joni.

Dengan capaian yang terus meningkat ini, KAI berkomitmen untuk terus mengoptimalkan pelayanan dan inovasi untuk menghadirkan layanan kereta komuter sebagai transportasi pilihan utama masyarakat. “Pencapaian ini menjadi dorongan bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan untuk selalu lebih baik lagi,” tutup Joni. (Boby/Lailatul Latifah)**

About Us

Inspira Media adalah Media Holding yang bergerak di bidang content creator, content management, serta distribusi informasi dan hiburan melalui berbagai platform.