BERITA INSPIRAHEADLINE NEWSNASIONAL

Tingkatkan Kualitas SDM, Ketua Karang Taruna Kota Bandung Kejar Target Tuntaskan Permasalahan Putus Sekolah

BANDUNG INSPIRA – Karang Taruna Kota Bandung memiliki program rencana di tahun 2023 sampai 2024 yang fokus terhadap berfokus penuntasan pekerjaan rumahnya, yakni meningkatkan sumber daya manusia (SDM) anggota Karang Taruna dengan minimal lulus sekolah menengah atas (SMA). 

Hal itu diungkapkan langsung Ketua Karang Taruna Kota Bandung, Andri Gunawan usai hadiri kegiatan amal bakti dan penganugerahan Karang Taruna di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Senin (12/12/2022) malam.

“Kami menargetkan setiap satu kecamatan itu ada satu pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM), seperti paket B untuk kesetaraan SMP dan paket C untuk kesetaraan SMA,” paparnya pada media.

Lebih ia pun membeberkan, ternyata masih banyak anggotanya di setiap kelurahan di Kota Bandung yang tak lulus sampai jenjang SMA. Akhirnya, Andri menginginkan pendekatan masalah ini melalui kelembagaan.

“Saya berharap di sisa masa jabatan saya (2024) tak ada lagi yang sekolahnya tak lulus hingga SMA. Jadi, kami ingin meningkatkan SDM warga Bandung. Sebab, terkadang kami suka paradoks, dengan banyak seminar di mana-mana terkait era ekonomi 4.0, bonus demofrafi, dan lainnya, tetapi di sisi lain masih ada anak yang ijazahnya ditahan dan tak lulus SMA,” bebernya.

Menurutnya, investasi di bidang pendidikan sangatlah penting, sebab Kota Bandung ini tak memiliki sumber daya seperti alam yang mumpuni, sehingga perlu memberdayakan warganya. Ditambah, Bandung ini sering dikunjungi orang dari mana-mana lantaran memang fasilitas semua ada di sini lengkap.

Ketika disinggung terkait nama Bandung yang sedikit tercoreng dengan adanya aksi bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar beberapa waktu lalu, Andri menegaskan bahwa Karang Taruna mengutuk keras tindakan itu. Bahkan, dia menegaskan Kota Bandung tak merepresentasikan mereka yang menjadi pelaku pengeboman

“Saya menolak menyebut namanya. Sebab, dia tak merepresentasikan nilai dan semangat warga Bandung yang gotong royong, toleransi, saling menyayangi, dan saling mengasihi. Kami juga ucapkan terima kasih kepada aparat kepolisian yang berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik,” ujarnya.

Selain itu, sebagai Ketua Karang Taruna Kota Bandung, Andri juga mengimbau kepada umat Kristiani untuk tidak takut atau khawatir untuk merayak natal. Di samping itu, dia pun menolak untuk melabeli seseorang yang berkeyakinan dengan mengaktualisasikannya lewat cara berpakaian atau berpenampilan, seperti bercadar, bersorban, celana cingkrang, dan lainnya.

“Saya berpesan kepada para anggota Karang Taruna Kota Bandung untuk waspada dari sisi ideologi. Wasada jika ada yang berbicara hal-hal yang membenturkan dengan agama lain atau pemerintah. Kritis boleh, tapi kalau mengarah pada kekerasan segera laporkan, dan jangan menstigma kepercayaan orang yang mengaktualisasikannya dalam berpakaian. Kota (Bandung) ini menjamin kebebasan dalam memeluk agama, kepercayaan, dan mengekspresikan cara beragama,” tandasnya.

Acara yang berlangsung hingga pukul 22.00 WIB tersebut juga dihadiri pengurus dan anggota Karang Taruna se Kota Bandung, dan beberapa pejabat diantaranya Kepala Dinas Sosial Kota Bandung Soni Bakhtiyar.

Pada acara Bulan Bakti Karang Taruna itu juga diberikan penghargaan kepada Yayah SH M.Ap sebagai Karang Taruna teladan dan Subchandaragana. Selain itu juga diberikan penghargaan kepada Wahyu Afif Alghafiqi, dai muda yang selalu menyuarakan toleransi dan kepada Herwanto (Ahaw) dan istrinya Mulyanti yang dinilai toleransi antar umat beragamanya tinggi. (TRIW)

About Us

Inspira Media adalah Media Holding yang bergerak di bidang content creator, content management, serta distribusi informasi dan hiburan melalui berbagai platform.