6 olahraga untuk pemula

Bingung mau olahraga, Tapi Belum Tau Harus Mulai Darimana? 6 Olahraga berikut ini dapat dicoba untuk Pemula

SPORT, INSPIRA – Olahraga merupan hal penting untuk menjaga kebugaran tubuh, tidak jarang banyak orang yang mau berolahraga namun masih bingung untuk memulai dari mana. Berikut rangkuman beberapa olah raga yang bisa dilakukan untukĀ  yang baru ingin olahraga.

  1. Naik turun tangga

Naik turun tangga adalah hal yang sepertinya tanpa disadari sering dilakukan. Tahukah kamu bahwa naik turun tangga juga merupakan olahraga yang dapat dilakukan untuk pemula?. Naik turun tangga sendiri merupakan olahraga yang dapat menguatkan otot kaki. Olahraga bagi pemula yang satu ini dapat dilakukan secara perlahan maupun cepat dan juga bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun selagi ada tangga, namun jangan menggunakan tangga yang terbuat dari bambu.

  1. Naik turun kursi

Jangan khawatir jika kamu masih tidak tahu mau menggunakan tangga mana untuk berolahraga, naik turun kursi juga bisa digunkan untuk memperkuat otot kaki. Olahraga ini bisa dilakukan saat di rumah, taman atau dimanapun yang terdapat kursi. Naik turun kursi disebut olahraga karena melakukan gerakan dengan terus menerus pada satu bagian tubuh. Dalam hal tersebut, kaki lah yang gerakan secara bergantian. Kamu dapat melakukan hal ini setiap hari agar mendapat hasil yang maksimal.

  1. Wall sit

Gerkan wall sit mirip dengan gerakan squat yaitu dengan menopang bagian atas tubuh kamu dengan kedua lutut. Namun dalam wall sit diperlukan tembok untuk bersandar atau menopang tubuh.

Cara melakukan olahraga ini adalah dengan berdiri sambil menempel pada tembok, lalu perlahan langkahkan kedua kaki kedepan, menekuk lutut sampai membentuk sudut 90 derajat dan punggung tetap tegak, rapat dengan tembok. Gerakan wall sit ini dilakukan secara berulang agar mendapat hasil maksimal

  1. Berlari

Berlari adalah olahraga dasar yang cocok untuk pemula dan tentunya pasti sudah banyak diketahui, berlari bisa dilakukan didalam ataupun luar ruangan. Bisa juga dilakukan sambil menghirup udara segar saat pagi atau sore hari. Berlari juga merupakan olahraga yang dapat membakar lemak, dan menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: https://inspira.tv/respon-gempa-turki-rumah-zakat-berangkatkan-tim-ke-turki/

  1. Squat

Olahraga sederhana ini tidak memerlukan alat bantu apapun tapi perlu dilakukan secara rutin bila ingin mendapat hasil maksimal. Olahraga squat dikatakan cocok untuk pemula karena bisa dilakukan di waktu yang tidak perlu ditentukan. Gerakan squat dapat memperkuat otot paha dan kaki.

Cara melakukan olahraga ini tinggal mensejajarkan lebar kaki dengan bahu lalu lipat kaki dan turunkan badan setengah berjongkok atau sampai kaki membentuk sudut 90 derajat, condongkan sedikit badan bagian atas dengan punggung yang lurus. Kemudian lakukan gerakanĀ  nya secara berulang

  1. Sit up

Gerakan yang satu ini juga termasuk olahraga ringan untuk pemula. Sama seperti push up, sit up tidak menggunakan alat apapun sehingga dapat dilakukan di berbagai tempat. Kalaupun ada alat, matras cukup membantu tubuhmu terasa nyaman saat melakukan olahraga ini. Kamu juga bisa melakukannya bersama teman secara bergantian untuk membantumu menahan ujung kaki tetap pada tempatnya.Sit up dilakukan untuk mengencangkan otot perut. Gerakannya bertumpu pada pinggul serta pantat yang menghadap lantai. Wajah melihat ke arah langit-langit, dan lekukan kedua kakimu. Setelah itu lakukan gerakan turun naik pada pinggul ke atas, seperti orang yang sedang tidur dan bangun. Sit up yang berulang bisa meningkatkan kebugaran tubuh loh.

-Aisyah

Sumber:

Okadoc

SehatQ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *