mencintai diri

Harus Dihindari! 10 Sikap ini Akan Merugikan Diri Sendiri.

Hidup tenang merupakan hal yang diidamkan oleh semua orang. Tapi pernahkah kamu selama hidup merasa tidak bahagia? Bahkan beberapa hal terasa merugikan orang lain. Ternyata sikap yang ada di dalam diri kita mempengaruhi juga bagaimana keadaan kita yang akan mendatang lho.

Beberapa sikap negatif memang harus dihindari karena jika sudah berkumpul dalam diri kita bisa jadi bukan hanya merugikan diri sendiri tetapi orang – orang sekitar kita juga. Yuk simak 10 sikap yang harus dihindari agar tidak merugikan diri sendiri.

  1. Nyinyir

Kebiasaan nyinyir atau mengkritik secara negatif hanya akan membuang – buang waktu dan energi saja. Nyinyir akan membuat hati kita merasa tidak pernah cukup atas keberadaan seseorang, daripada nyinyir lebih baik digunakan dalam hal lebih bermanfaat.

  1. Bersaing Tidak Sehat

Persaingan yang tidak sehat akan memunculkan rasa ketidakpercayaan kepada orang lain. Diri kita akan penuh dengan rasa curiga dan hal tersebut tentu sangat merugikan kita karena akan membuat diri kita lelah sendirinya.

  1. Manipulatif

Menjadi seseorang yang manipulatif akan menghalalkan segala cara, seseorang yang manipulatif akan memutar balikkan semua fakta – fakta yang ada. Sikap tersebut tentu akan membuat rasa kepercayaan seseorang kepada kita akan berkurang dan menjadikan diri kita sebagai seseorang yang tercap jelek.

  1. Gila Hormat

Keinginan untuk dihormati secara berlebihan juga tidak baik. Dengan cara memilah milih pertemanan dan lingkungan. Sikap tersebut harus diindari karena bagaimanapun kita hidup berdampingan dengan semua orang dan kita tidak tahu orang mana kah yang akan membantu kita.

  1. Terpuruk Saat Gagal

Kegagalan merupakan salah satu bagian dari proses kehidupan. Ketika kita gagal yang yang harus dilakukan adalah belajar dari kegagalan tersebut. Setiap kegagalan akan ada hikmah atau pelajaran yang bisa kita ambil. Banyak sisi positif dari kegagalan yang bisa kita ambil agar diri kita tidak terpuruk.

  1. Iri dan Dengki

Sifat ini harus dihindari agar tidak masuk kedalam hati manusia. Sejatinya sifat iri dan dengki akan merugikan diri kita sendiri. Harus diingatkan bahwa segala sesuatu yang terjadi di dalam hidup klita merupakan usaha dan kehendak dari Allah SWT.

Baca Juga : https://inspira.tv/jabar-sulteng-tandatangani-nota-kesepakatan-kerja-sama-memajukan-kedua-daerah/

  1. Ragu

Sikap ragu tidak boleh terpelihara di dalam tubuh kita karena sikap ini memiliki efek semakin tertutupnya diri kita dan akan mengalahkan dari segalanya. Bahkan ragu akan mengalahkan pikiran – pikiran yang ada di otak kita sendiri.

  1. Pesimis

Sikap pesimis bisa dikatakan sebagai keraguan terhadap diri kita sendiri dimana kita memikirkan hal negatif akan diri kita sendiri. Hrus dibiasakan berpikir positif.

  1. Malas

Paling bahaya! Malas bisa menyita motivasi kita dalam melakukan hal – hal baik. Semangat kita pun akan menurun dan bisa membawa kita kedalam kehancuran.

  1. Apatis

Tidak mempunyai pendirian atau tidak perduli terhadap apa yang terjadi di sekitar. Kurang memiliki rasa kepekaan terhadap sesama. Sikap ini akan menghilangkan keberhasilan.

Sikap – sikap tersebut memang harus dihindari dari diri kita agar tidak terjerumus kedalam kesengsaraan diri yang akan merugikan diri sendiri. Segala sesuatu harus bisa dipikirkan secara positif agar hidup kita tenang dan senang.

 

~Lidya Dwi A

Sumber : gurusiana.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *