Tingkatkan SDM Berkualitas Geodipa Patuha Gulirkan Beasiswa Inspiratif

BANDUNG INSPIRA – PT Geo Dipa Energi (Persero) bersama Yayasan Inspirasi Anak Bangsa (YIAB), menggelar Wisuda Beasiswa Inpiratif Geodipa. Kegiatan tersebut di laksanakan di Sindang Reret Hotel Ciwidey, Kabupaten Bandung sebagai rangkaian dari Program Community Development PT Geo Dipa Energi (Persero).

Pemberian beasiswa Untuk Masyarakat Di Desa Sekitar Proyek PLTP Patuha Unit 2 menjadi salah satu aksi yang dilakukan Geo Dipa guna meningkatkan SDM yang berkualitas.

Acara dihadiri oleh Dinas Sosial Kabupaten Bandung, PT. Geo Dipa Energi (Persero), peserta beasiswa dan orangtua/wali peserta. Kegiatan dilaksanakan dengan tamu undangan terbatas dan tetap menaati protokol kesehatan. Dalam kegiatan ini peserta beasiswa menampilkan pertunjukan bakat. Sedangkan kegiatan utamanya adalah pemaparan hasil dari rangkaian kegiatan yang telah berlangsung sejak Juli 2021 hingga 2022 serta simbolis wisuda para peserta.

Berlatar belakang dari filosofi Merdeka Belajar yang telah disampaikan oleh Menteri Pendidikan sejak tahun 2021. Ada beberapa kendala yang di hadapi oleh pelajar terutama yang berasal dari PKH (Program Keluarga Harapan).

Terdapat 3 point yang fokus, pertama adanya konsep merdeka belajar dimana akses terhadap pendidikan telah terbuka luas, kedua adalah wabah Covid-19 yang justru menimbulkan keterbatasan pada akses pendidikan tersebut, dan terakhir mengenai program Graduasi bagi kelompok Keluarga penerima manfaat yang merupakan penerima Program Keluarga Harapan (terutama siswa SLTA yang setahun kemudian sudah tidak mendapatkan bantuan karena kehilangan komponen nya. 

Ketiga poin tersebut mengerucut pada ancaman terhadap jaminan masa depan yang cerah bagi generasi penerus bangsa. Salah satu solusi dari ancaman-ancaman tersebut adalah peningkatan kapasitas dari pelajar agar filosofi merdeka belajar dapat berujung pada merdeka secara ekonomi.

Dalam Program Beasiswa Inpiratif Geodipa, bantuan yang diberikan bukan hanya berupa bantuan dana namun lebih utama dari itu adalah bantuan pelatihan dan pendampingan bagi para pesertanya. Peserta Beasiswa Inpiratif Geodipa, adalah anak-anak pelajar SLTA atau sederajat yang merupakan bagian dari keluarga PKH. Peserta direkomendasikan oleh para pendamping PKH dan terpilih 30 orang peserta yang berasal dari kecamatan Ciwidey, kecamatan Pasir Jambu ,dan kecamatan Rancabali.

Pada awal rangkaian Beasiswa Inpiratif Geodipa, dilaksanakan terlebih dahulu sosialisasi dengan peserta dan orangtua/wali peserta agar terjadi sinkronisasi mengenai rangkaian program yang dilaksanakan selama beberapa bulan. Peserta diberikan Assessment Biopsikologi untuk mengetahui potensi dan bakat peserta serta melihat gaya belajar yang paling tepat untuk tiap invidu.

Hasil dari Assessment Biopsikologi inilah yang digunakan sebagai dasar bagaimana menstimulasi para peserta agar dapat terus aktif dan maksimal dalam setiap rangkaian kegiatan.

Materi pelatihan yang diberikan adalah 12 kali, dengan tugas yang menyertai pada pelatihannya. Tugas yang diberikan bukan berupa tugas formal namun lebih pada bagimana membangun kepercayaan diri dari peserta. Pelatihan satu sampai enam merupakan pelatihan untuk peningkatan kapasitas diri, oleh karena itu tugas-tugas yang diberikan menyangkut cara mengeluarkan potensi dalam diri. Sedangkan pada materi tujuh hingga ke duabelas, terfokus pada pengenalan kewirausahaan sehingga materi mengenai marketing dan teknik penjualannya.

Ada tiga focus utama peningkatan dalam program ini yaitu peningkatan kepercayaan diri, peningkatan wawasan , dan peningkatan pengalaman. Pada peningkatan wawasan dan pengalaman hampir sama rata pada semua peserta . Pada peningkatan kepercayaan diri ada perbedaan cara pengaplikasian pada setiap peserta.

Salah satu peserta yang mengalami peningkatan yang paling signifikan adalah Tuti Darmayanti. Pada awal program, Tuti mengikuti pelatihan dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dengan teratur. Perubahan signifikan dimulai ketika ada tugas mengenai membuka toko online dan mengharuskan memasukan produk.

Setelah diskusi dengan pembimbing kegiatan, akhirnya dia memasukan aneka cemilan tradisional khas Bandung dalam tokonya. Dan dengan stimulasi tugas serta bimbingan, saat ini toko onlinenya memiliki lebih dari 2700 pengikut dan penjualan rutin setiap minggunya. Dan Tuti berhasil mendapatkan omzet beberapa juta. Ini adalah salahsatu indicator keberhasilan dalam program bagaimana peningkatan kapasitas diri menjadi peningkatan kemandirian ekonomi individunya.

Sejalan dengan PT Geo Dipa Energi (Persero) yang mengelola energi untuk kebermanfaatan bangsa, diharapkan juga Program Beasiswa Inspiratif Geodipa Energi ini juga dapat menghasilkan generasi muda yang dapat menjadi energi untuk kemajuan Indonesia. (HDY)

Leave a Reply

Your email address will not be published.