Tenang, Polsek Ibun Siapkan Bantal Pengganjal Kendaraan di Tanjakan Monteng Ibun

BANDUNG INSPIRA,- Polsek Ibun, Polresta Bandung memberikan perhatian khusus terhadap keselamatan pengendara dalam arus mudik Idul Fitri 1443 Hijriyah.

Demi mencegah terjadinya kecelakaan yang fatal hingga mengakibatkan korban jiwa, Polsek Ibun berinisiatif bergerak untuk memasang bantalan keselamatan di dua titik rawan kecelakaan, seperti di tanjakan makam Patrol dan SD Patrol.

Bantalan keselamatan yang terbuat dari tumpukan majun itu, kemudian gabah kering dan ban bekas itu disimpan di sisi jalan yang medannya sangat menanjak tajam.

“Tujuannya jika kendaraan baik roda dua maupun empat yang tidak kuat meniti tanjakan atau mengalami rem blong bisa tertahan dulu oleh bantal keselamatan itu,, sehingga akibat kecelakaan yang ditimbulkannya pun tidak terlalu parah,” kata Kapolsek Ibun, Iptu Ilmansyah, di tanjakan Monteng, Sabtu (30/4/2022).

Seperti diketahui, jalur Ibun sendiri merupakan salah satu jalur alternatif yang menghubungkan Bandung dari Majalaya menuju Garut. Meski bisa memangkas jarak dan waktu tempuh, mengingat kontur jalannya yang didominasi tanjakan tajam dan turunan curam, membuat jalur alternatif itu harus diwaspadai oleh para pengendara.

Selain itu, Iptu Ilmansyah juga menjelaskan cara bertindak (CB) pihak Kepolisian saat arus balik nanti.

Menurutnya kendaraan yang datang dari arah Garut akan diberhentikan terlebih dahulu di ujung jembatan Kuning Monteng, untuk mendinginkan mesin dan rem kendaraan. Upaya tersebut dilakukan karena pengendara akan menghadapi turunan curam di kawasan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.