Pasar Kreatif Sarana Pemkot Bandung Dongkrak Pemulihan Ekonomi 

BANDUNG INSPIRA – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali menggelar Pasar Kreatif untuk ketiga kalinya di enam mall sejak 1 Juli 2022 hingga 14 Agustus mendatang. Kegiatan tersebut digelar sebagai upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. 

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, menjelaskan peserta pasar kreatif  tersebut merupakan produk lokal yang dibina dan diseleksi oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung. Tahun ini, Pemkot Bandung menargetkan perolehan transaksi hingga Rp6 miliar. 

“Alhmdulillah di TSM ini adalah pelaksanaan pertama Pasar Kreatif 2022 ini, selanjutnya akan digelar di Festival City Link Mall (8-17 Juli), Cihampelas Walk (15-24 Juli), Paris Van Java Mall (22-31 Juli), Kings (29 Juli – 7 Agustus), 23 Paskal Mall (5-14 Agustus),” ungkap Yana, Rabu (6/7/2022). 

Pada kesempatan yang sama,  Kepala Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah mengaku, setiap pusat perbelanjaan diisi oleh 30 pelaku UMKM yang telah lolos seleksi. Produk yang dijual pun berbagai macam, seperti makanan, fesyen, dan kerajinan tangan.

“Dan ini ada 6 mall kurang lebih ada 180 pelaku usaha, ini beda beda dan ini wajah barunya kurang lebih 54 orang dari 180, 54 nya wajah baru,” tutur Elly. 

Lebih jauh ia menyampaikan,  produk fesyen masih menjadi unggulan bagi UMKM di Kota Bandung karena minat masyarakat masih tinggi. Ia berharap, pendapatan bagi para UMKM bisa terus bertambah dengan adanya Pasar Kreatif tersebut ditengah masa pandemi Covid-19.

“TSM tahun lalu 10 hari mencapai Rp1,1 miliar. Di TSM sekarang baru empat hari sudah mencapai Rp1,2 miliar, ini menunjukan ada geliat ekonomi yang cukup tinggi,” tandas Elly. (TRI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.