Miliki Peran Besar dalam Pengumpulan Zakat, Baznas Jabar Berikan 78 Penghargaan

BANDUNG INSPIRA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat memberikan sejumlah penghargaan terhadap pimpinan daerah hingga lembaga yang dinilai berkontribusi aktif dalam pengumpulan zakat di Jawa Barat (Jabar). Setidaknya ada 78 kategori penghargaan dalam balutan Baznas Jabar Award 2022 tersebut.

Hal itu diungkapkan Ketua Baznas Jabar, Anang Jauharuddin. Ia mengatakan bahwa banyak pihak yang ikut andil dalam pengumpulan dana zakat di Jabar. Menurutnya, mereka yang berkontribusi layak untuk diberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi dan dorongan semangat agar semakin baik.

“Baznas Jabar Award merupakan wadah untuk mengapresiasi performa Lembaga Pengelola Zakat yang telah berjasa dalam perkembangan zakat di Jawa Barat demi mensejehaterakan umat melalui berbagai program,” kata Anang pada kegiatan Baznas Jabar Award 2022 di hotel Pullman, Kota Bandung, Kamis 15 Desember 2022.

Dengan adanya penghargaan ini diharapakan bisa meningkatkan motivasi dan inovasi bagi seluruh Lembaga Pengelola Zakat (LPZ) untuk bersemangat dalam pengelolaan zakat yang profesional, fastabiqul khairat, serta memberikan kemaslatan umat.

“Sebuah kebanggan, Peningkatan penghargaan tahun ini menjadi 78 pemenang penghargaan menandandakan semakin banyak pihak yang telah berjasa untuk kebangkitan zakat umat di Jawa Barat” tutur Anang.

Sementara itu, dewan juri Baznas Jabar Award 2022 Ahmad Faisal mengatakan bahwa sebanyak 78 penghargaan diberikan kepada Gubernur Jawa Barat, pimpinan Kabupaten maupun Kota, LAZ, hingga mitra Baznas Jabar.

“Ini sebuah penghargaan dari Kami kepada sejumlah pihak yang sudah berjuang sekuat tenaga menjalankan amanah meningkatkan kualitas kuantitas Baznas kepada masyarakat,” kata Ahmad.

Ahmad menuturkan, ada peningkatan drastis dari jumlah penghargaan yang diberikan di tahun 2022. Pada kegiatan yang sama di tahun 2021, pihaknya hanya memberikan 11 penghargaan.

Menurutnya peningkatan jumlah penghargaan menunjukkan bahwa semakin banyak pihak yang ikut andil dalam pengumpulan zakat.

“Jumlah kategori Baznas Jabar Award 2022 berjumlah 78 kategori, 2021 itu berjumlah 11 kategori, ini bentuk penghargaan kepada Baznas Jabar,” ujarnya.

Ahmad menegaskan bahwa, dewan juri telah melakukan penilaian secara objektif sebelum menentukan siapa saja yang berhak menerima penghargaan dalam Baznas Jabar Award 2022.

“Penilaian kami sangat objektif berdasarkan indikator yang sudah ditentukan, ini berdasarkan prestasi,” tegasnya.

“Ini merupakan upaya Baznas Jabar memberikan penghargaan kepada semua pihak yang berkontribusi membangun peradaban zakat di Jabar, ini motivasi agar ke depan pengelolaan zakat lebih baik lagi,” tandasnya. (TRIW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *