Kerjasama Dua Negara Ini, Buka Cakrawala Pendidikan Berskala Internasional 

BANDUNG INSPIRA – Yayasan Taruna Bakti (YTB), Bandung, Indonesia dan Yamanashi Gakuin High School (YGHS), Kofu, Jepang resmi menjalin kerja sama Sister School dengan ditandai oleh terselenggaranya “Memorandum of Understanding (MoU) Signing Ceremony” yang bertujuan guna meningkatkan mutu pendidikan para generasi muda. 

Lewat kerjasama yang dilaksanakan di Aula Taruna Bakti pada Jum’at (3/6/2022) lalu tersebut diharapkan dapat membuka peluang dalam bentuk  sarana kolaborasi di bidang pendidikan, budaya, sains dan bidang lainnya agar dapat saling bertukar informasi yang bermanfaat demi kemajuan para peserta didik di YTB dan YGHS. 

“Kesempatan kerja sama sebagai Sister School antara Yayasan Taruna Bakti (YTB) dengan Yamanashi Gakuin High School (YGHS) di tingkat SMP dan SMA tentunya akan membuka peluang besar yang akan meningkatkan mutu pendidikan,” Ketua Umum Pengurus YTB, Ibramsyah Amir. 

“Beberapa program seperti pertukaran pelajar dan guru akan membuka peluang lebih besar demi kemajuan pendidikan putra-putri kita semua dan tentunya demi kemajuan pendidikan di Indonesia” tambahnya. 

Sementara  Wakil Kepala Sekolah YGHS dan Wakil Rektor Yamanashi Gakuin University (YGU), Hua Zhang mengatakan tujuan besar dari kerja sama Sister School ini adalah memperkenalkan budaya asing kepada para peserta didik kami di Jepang, supaya mereka melihat lebih jauh ke negara lain dan mau melakukan kunjungan studi ke luar negeri. 

“Kami berupaya untuk mengubah pola pikir generasi muda, yaitu peserta didik tingkat SMP dan SMA di sekolah kami agar setidaknya mereka lebih tahu tentang luar negeri dan ingin berkunjung ke luar negeri, supaya nantinya lebih tahu lagi tentang negara-negara lain selain negara mereka sendiri,” jelasnya. 

Tidak berhenti sampai disana, pihaknya pun berharap dengan YTB ke depannya dalam waktu dekat dapat dimulai dengan pertukaran online antar peserta didik dan jika memungkinkan kami ingin membawa peserta didik dari YGHS untuk melakukan kunjungan studi ke Taruna Bakti. 

“Kerja sama Sister School ini merupakan salah satu bentuk dari komitmen YTB sebagai yayasan pendidikan dengan konsep Sekolah Pembauran yang memiliki reputasi di tingkat global dengan memperluas cakrawala pendidikan berskala internasional sehingga dapat menginspirasi generasi masa depan bangsa yang dapat membawa perubahan lebih baik lagi, dalam rangka memajukan kualitas pendidikan di Indonesia,” paparnya. 

Seperti diketahui, MoU Signing Ceremony ini dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus YTB Ibramsyah Amir, S.E., M.B.A.Tech, Ketua Pembina YTB Prof. Dr.-Eng. Yudi Darma, M.Si., serta jajaran pembina, pengawas dan pengurus YTB. Perwakilan dari YGHS dihadiri oleh Hua Zhang. 

Selain itu, turut hadir pula Perwakilan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia Yuriko Kawakubo, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat H. Dedi Supandi, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Firman Oktora, Pengawas Pembina SMP Disdik Kota Bandung, Pengawas Pembina SMA Disdik Kota Bandung dan segenap tamu undangan lainnya yang esensial dalam bidang pendidikan di Kota Bandung. (TRI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.