Intimate Healing Festival Pertama di Kota Bandung

Mahasiswa/i Politeknik Pariwisata NHI Bandung dari jurusan Manajemen Konvensi dan Event dengan sukses telah menyelenggarakan event yang bernama “InHeal – Fest”, yaitu event Intimate Healing Festival pertama di Bandung. Event ini diselenggarakan pada hari Minggu, 20 November 2022 di Treetop Cikole jayagiei, Lembang, Bandung.

InHeal Fest ini merupakan bagian dari kegiatan praktik mata kuliah Aplikasi Manajemen Creative Event di program studi Manajemen Konvensi dan Event yang diperuntukan untuk mahasiswa semester 5. Namun dalam pelaksanaannya, event ini tidak hanya dilaksanakan oleh mahasiswa semester 5 saja, melainkan dengan bantuan mahasiswa semester 3 dan 1 serta dengan bimbingan 3 dosen pengampu. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diminta untuk mengnciptakan hasil dari kreatifitas dan inovasi dalam merancang dan menyelenggarakan event. Yang dimana, tema dan konsep dari event yang akan diselenggarakan harus berbeda setiap tahunnya, sehingga setiap tahun Creative Event ini memiliki keunikkannya tersendiri.

InHeal Fest ini merupakan Creative Event ke 11 yang pernah terselenggara oleh Mahasiswa Manajemen Konvensi dan Event. Event ini berbeda dari Creative Event yang pernah terselenggara di tahun-tahun sebelumnya karena InHeal Fest  atau Intimate Healing Festival merupakan event Intimate Healing pertama yang pernah terselenggara di Bandung

Tujuan diselenggarakannya InHeal – Fest ini yaitu untuk mengajak masyarakat agar dapat memahami diri melalui serangkaian pergerakan tubuh yang berfokus pada mind (pikiran), body (tubuh) dan soul (jiwa). Serta juga untuk memperkenalkan media healing, memberikan wadah untuk melepas penat dan juga memberikan informasi terkait dengan relaksasi sebagai bentuk pelarian dari tekanan yang dirasakan.

InHeal fest juga memberikan penyegaran dengan memperkenalkan metode healing baru dengan mengangkat 3 fokus konsep healing yaitu Body (Yoga dan Qigong), Mind (Art and Craft), & Soul (Soundbath). Seluruh rangkaian acara InHeal Fest berhasil mendatangkan sebanyak 200 peserta dan 152 visitor.

Program Body berfokus pada healing relaksasi badan yang terdiri dari dua kegiatan, antara lain Yoga dan Qigong. Yoga merupakan suatu teknik untuk menghubungkan manusia dengan alam. Kegiatan yoga ini diikuti oleh total peserta 24 peserta dipandu oleh instruktur profesional Ainie Sofie. Sedangkan Qigong yang merupakan bentuk meditasi yang berfokus pada postur dan gerakan tubuh, pernapasan, dan meditasi yang berasal dari Tiongkok diikuti oleh total peserta 20 peserta dipandu oleh instruktur profesional Iwan Setiawan.

Berikutnya, program Mind yang berfokus pada relaksasi pikiran dengan quality time bersama orang-orang tersayang terdiri dari satu kegiatan inti yaitu Arts & Craft namun dibagi menjadi 4 kegiatan yaitu Crochet (merajut), Punch Needle (menyulam), Clay (tanah liat), dan Beads (meronce) yang dipandu oleh instruktur dari Splendore Workshop. Total peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah 115 peserta. 28 diantaranya memilih beads, 31 memilih crochet, 21 memilih punch needle, dan 35 memilih clay.

Dan terakhir adalah program Soul yang berfokus pada relaksasi jiwa yang sekaligus menenangkan pikiran dan badan yang terdiri dari satu kegiatan yaitu Sound Bath atau terapi musik menggunakan singing bowl. Kegiatan ini dipandu oleh instruktur Yuli Tjahyadi, dengan total peserta 41 peserta, 22 di sesi kelas pertama dan 19 di sesi kelas kedua.

Selain dilaksanakan program utama diatas, terdapat juga beberapa kegiatan pendukung pada acara InHeal Fst 2022, seperti bazzar yang dihadiri oleh 15 tenant yang terdiri dari tenant-tenant Healty Food and Baverage, Reflexology, Aromatherapy serta Pakaian Olahraga.

Selain 3 program utama, terdapat pula beberapa program pendukung yang tentu tidak kalah menarik. Di area yang sama dimana kegiatan Body dilaksanakan, terdapat Tea Class yang berhasil dihadirkan atas kerjasama bersama cafe Teabumi. Kemudian, di area lain terlaksana pula bazaar yang berisikan 15 tenant, 8 diantaranya merupakan tenant healthy Food & Beverage, 4 diantaranya tenant aromatherapy dan tenant terakhir merupakan tenant pakaian olahraga.

Dan pastinya, dalam event ini dimeriahkan dengan Live Music Performance yang dibawakan oleh band lokal Bandung untuk mengiringi jalannya kegiatan program Mind yaitu kegiatan Art and Craft. Terdapat 4 musisi lokal yang tampil untuk memeriahkan jalannya acara InHeal Fest ini, yaitu Moonwaves, If, Badai Keke, dan Unknown Pleasures.

Acara berakhir pada sore hari, sekitar pukul 4 sore. Melihat dari kesuksesan acara ini, dan minta para pengunjung dan peserta InHeal Fest, semua pihak berharap adanya Intimate Healing Festival yang kedua.

Sesuai dengan tagline acara ini, Stay Relax, Let It Heal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *