Iduladha Tahun Ini, ‘Rumah Qurban’ Salurkan Hewan Kurban ke Pelosok

KABUPATEN BANDUNG INSPIRA – Rumah Qurban kembali melakukan penyaluran hewan kurban ke berbagai pelosok pada Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah. Lokasi yang dipilih merupakan kawasan yang mengalami kekurangan daging kurban. 

“Qurban Berbagi merupakan salah satu program Rumah Qurban dimana hewan kurban yang merupakan amanah dari pequrban.  Kami salurkan untuk masyarakat yang membutuhkan,” papar Fahmi (30) selaku Qurban Project Leader Rumah Qurban, Rabu (13/7/2022).

Dijelaskannya, tahun ini Rumah Qurban memperluas wilayah penyaluran ke 17 kota yang tersebar di Jawa dan Sumatera. Salah satunya di Kp. Cihonje RT 03 RW 05 Desa Sukajadi Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung Jawa Barat. 

Menurutnya, kenapa memilih Kampung Cihonje, pasalnya  masyarakat disana mengalami kekurangan daging kurban yang notabennya terdiri dari masyarakat kurang mampu.

Bahkan, lanjutnya, demi melaksanakan kurban, masyarakat Cihonje mengadakan arisan domba senilai Rp. 25.000,- perminggu dikalikan 40 kepala keluarga. “Jika diakumulasikan setiap tahunnya masyarakat cihonje hanya bisa melakukan kurban 1 ekor domba dengan 1 nama yang terpilih dari kocokan arisan,” tuturnya. 

Dilokasi yang sama, Rumah Qurban juga memberikan 1 ekor domba untuk di kurbankan atas nama masyarakat setempat. 

“Nama Emak Manah (84) terpilih menjadi penerima domba kurban yang akan dikurbankan atas nama dirinya,” uajrnya. 

Diusia yang tak lagi muda, mak Manah banyak menghabiskan waktu di rumah, menikmati sisa usianya dengan beribadah.

“Tak ada keinginan lain baginya, selain hidup bermanfaat dan dimudahkan saat ajalnya nanti,” tandasnya. (TRI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.