Hidup sehat ala Nabi Muhammad shallahu alaihi wasalam

Hidup sehat merupakan idaman bagi setiap manusia, lalu bagaimanakah agar kita bisa hidup sehat ! inilah beberapa tips hidup sehat ala Nabi Muhammad shallahu alaihi wasalam  

  1. Mengkonsumsi makanan yang halal dan baik.

Asupan makanan yang halal dan makanan yang bergizi merupakan salah satu faktor pendukung tubuh kita menjadi sehat, Allah subhanahu wata a’la memerintah kepada manusia supaya memakan makanan yang halal dan yang baik, agar manusia mendapatkan kemaslahatan bagi kehidupannya. Sebagaimana firmannya:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ كُلُواْ مِمَّا فِي ٱلۡأَرۡضِ حَلَٰلٗا طَيِّبٗا

Wahai manusia makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi (Q.S Al-Baqarah: 168).  

  • Makan tidak boleh berlebih-lebihan.

وَكُلُواْ وَٱشۡرَبُواْ وَلَا تُسۡرِفُوٓاْۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلۡمُسۡرِفِينَ

makan dan minumlah, tetapi jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan. (Q.S Al-A’raf: 31).

Makan apabila lapar dan berhenti dari makan apabila kenyang. Apabila manusia makan dengan porsi yang berlebih-lebih, maka tubuh manusia bisa buncit dan terserang penyakit. Selain itu, banyak makan tubuh kita menjadi malas dalam beraktivitas. Dan ini merupakan salah satu faktor penyebab munculnya berbagai macam penyakit. Bentuk larangan dari Allah subhnahu wata a’la, pasti ada hikmahnya, tidak bolehnya makan berlebih-lebihan merupakan kebaikan bagi manusia. Rasulullah menganjurkan kepada umat Islam, memberi sepertiga untuk makan, sepertiga untuk minum, dan sepertiga untuk nafas.

  • Memberikan makanan yang bergizi.

hendaklah tubuh kita diberikan makanan yang bergizi, seperti sayuran dan tubuh diberikan minuman seperti buah-buahan. Asupan makanan yang bergizi akan menjadikan tubuh kita segar dan bugar.

  • Tidur yang cukup.

Allah berfirman dalam surat An-Naba ayat 10:  Dan kami jadikan malam sebagai pakaian, malam itu gelap menutupi permukaan bumi sebagaimana pakaian menutupi tubuh manusia. Malam itu berfungsi sebagai pakaian bagi manusia yang dapat menutupi auratnya.  Tidur di awal malam, agar tubuh kita bisa kembali berstamina, jika tubuh kita kuat dan berstamina maka aktivitas kesaharian kita pun akan teratur dan berjalan lancar.

  • Puasa.

Puasa adalah benteng bagi kita, agar kita dapat menahan hawa nafsu kita. selain itu puasa dapat menjadikan tubuh kita sehat, puasa menurunkan tekanan darah, menurunkan gula darah, dan dapat membantu membuang lemak, meningkatkan kesehatan jantung, membuat kualitas darah lebih baik, dan mencegah penuaan dini.  dengan puasa tubuh kita dapat mengeluarkan toxin dan tubuh kita bisa kembali sehat.

  • Olah raga.

Nabi Muhammad shallahu alihi wasalam mengajurkan umat Islam memiliki tubuh kuat dan sehat, sebagaimana sabdanya:

عَنْ أبي هُريرةَ – رضْيَ اللهُ عنه – قالَ: قال رسولُ اللهِ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ: «المؤمنُ القويُّ خيرٌ وأحبُّ إلى اللهِ مِنَ المؤمنِ الضَّعيفِ وفي كلٍّ خيرٌ. احْرِصْ على ما يَنفعُكَ، واسْتَعنْ باللهِ ولا تَعجزْ

Dari Abu Hurairah Rhadiallahu anhu berkata, Rasulullah shallahu alihi wasalam berabda: seorang Muk’min yang kuat lebih di cintai Allah daripada seorang mukmin yang lemah, dan bersemangatlah teradap apa-apa yang bermanfaat bagimu, dan mintalah tolong kepada Allah dan jangan lemah. (H.R Muslim). Rasulullah shallahu alihi wasalam memotivasi kita agar  berolah raga berenang, memanah, berkuda, dan beladiri.

  • Tidak boleh tidur setelah makan.  

Larangan tidur setelah makan kenyang, akan menyebabkan tekanan didalam lambung meningkat, sehingga makanan dan cairan lambung dapat naik kembali kekerongkongan.

Itulah tips sehat ala Nabi Muhammad shallahu alaihi wasalam semoga kita bisa mencintai sunnahnya dan mengamalkannya.

(Mardi/STAIP)

Leave a Reply

Your email address will not be published.