Gubernur Jabar Sudah Ajukan 3 Nama Kepala Daerah Ini

BANDUNG INSPIRA,- Jabatan kepala daerah yang berada di 3 daerah Jawa Barat habis masa jabatannya pada tahun 2022, Ketiga daerah itu yakni Kota Cimahi, Kota Tasikmalaya, dan Kabupaten Bekasi.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat, tengah menyiapkan pejabat bupati dan wakil kota daerah tersebut.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan pihaknya telah mengusulkan nama-nama calon pejabat pada Kementerian Dalam Negeri.

“Kami sudah mengusulkan untuk penjabat bupati wali kota di tiga wilayah yang akan habis tahun ini, Kabupaten Bekasi, Kota Tasikmalaya, dan Kota Cimahi,” kata Ridwan Kamil, Rabu (11/5/2022)

“Keputusan akhir dari Kemendagri belum kami terima tapi usulan sudah kami lakukan dan yang dipilih tentunya berdasarkan kriteria sesuai aturan Kemendagri,” lanjutnya.

Menurutnya, calon penjabat tersebut tidak hanya dari pemerintah provinsi. Ada peluang kombinasi dari pemerintah pusat selama sesuai kriteria yaitu jabatan tinggi pratama.

“Kalau jabatan tinggi pratama itu kepala dinas atau level direktur di kementrian lembaga. Jadi yang jadi penjabat bupati wali kota tidak harus selalu dari eselon di sini,” jelasnya.

‚ÄúSeperti contoh Kabupaten Sukabumi di waktu Pilkada 2020 usulan dari kita tapi diputuskan direktur dari Kemendagri,” ujarnya.

Terkait dengan masa jabatan pejabat, di mana pilkada akan digelar 2024, pria yang akrab disapa oleh Kang Emil mengatakan bukan berarti pejabat akan diberlakukan hingga 2024.

“Kemarin sudah diklarfikasi penjabat itu hanya satu tahun maksimal. Setelah itu akan dievaluasi, bisa dilanjutkan bisa tidak. Jadi tidak serta dia akan full time,” ucapnya.

Dirinya menambahkan terkait dengan penunjukan pejabat kuncinya dikomunikasikan saja.

“Kemarin kan ada masukan dari DPRD merasa tidak dilibatkan. Padahal itu (melibatkan DPRD) itu bagus karena nanti para penjabat ini harus berinteraksi politik. Jadi akseptabilitasnya penting. Cuma karena prosedur itu tidak ada dalam aturan sekarang saya menyetujui kalau ada sebuah prosedur yang melalui masukan dari dewan. Saya kira itu akan lebih kondusif,” kata dia. (MSN)

Leave a Reply

Your email address will not be published.