TALK SHOW MOTHER AND CHILDREN

Edukasi Nutrisi untuk Tumbuh Kembang Optimal Sang Buah Hati

Nutrisi atau gizi adalah subtansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan, dan kesehatan. Nutrisi adalah modal dasar agar pertumbuhan dapat optimal, nutrisi pada 2 tahun pertama merupakan masa perkembangannya otak pada anak, ASI eksklusif diberikan sejak bayi lahir hingga berusia 6 bulan. Selama periode tersebut ibu di sarankan hanya memberikan ASI saja. Tanpa tambahan asupan apa pun kepada si kecil. Sebab ada banyak manfaat ASI eksklusif yang bisa di dapatkan oleh bayi. Tidak ada asupan yang lebih baik untuk bayi selain ASI. Air susu yang diproduksi secara alami oleh tubuh ini memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang bayi, seperti vitamin, protein, karbohidrat, dan lemak. ASI sudah menjadi standar WHO karena seribu hari dalam kehidupan bayi adalah Periode emas, yang berkualitas dalam kehidupan bayi. 

Para wanita yang cikal bakal menjadi Calon Ibu Muda Sebelum masa kehamilannya harus mempersiapkan nutrisi yang baik dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang baik untuk si kecil. Mengenali gizi anak, kebutuhan nutrisi anak, dan melakukan  pemantauan pada anak adalah kewajiban bagi para orang tua. Agar anak dapat terpantau perkembangannya maka para orang tua harus senantiasa memberikan penuh perhatiannya kepada sang anak. jika tumbuh kembang anak meningkat dalam makanannya, bertambah tinggi pada tubuhnya, maka nutrisi pada asupan makanananya perlu dilanjutkan, namun jika kurang dan tidak berkembang berarti Gagal tumbuh dalam perkembangannya pada sang anak.

Para orang tua harus senantiasa mengevaluasi terhadap asupan nutrisi yang diberikan pada anaknya, memberikan asupan nutrisi lengkap Macronutrient dan Micronutrient yang proteinnya ada, karbohidratnya ada, mineralnya ada, merupakan komponen-komponen asupan nutrisinya baik.  Buku KMS (kartu Menuju Sehat) adalah catatan grafik perkembangan anak yang diukur berdasarkan umur, berat badan,dan jenis kelamin. Buku KMS ini tujuannya untuk bisa mengetahui status gizi bayi atau balita. Serta perkembangan anak pada setiap bulannya. Yang harus diperhatikan bagi ibu hamil jangan mager (malas gerak), dan memperhatikan juga dalam mengkonsumsi makanan, asupan makanan nya harus ada asupan lauk pauk yang mengandung protein, buah-buhan yang mengandung vitamin, sayuran-sayuran yang mengandung mineral, makanan pokok yang mengandung karbohidrat.

Spesifikasi makanan untuk ibu hamil atau komposisi makanan untuk ibu hamil perlu di perhatikan, Karbohirat dapat memberikan tenaga bagi tubuh untuk melakukan kegiatan, contohnya  beras, jagung, umbi dan sagu. Yang mengandung protein adalah lauk pauk. Protein dibutuhkan untuk membangun dan memelihara sel dan jaringan tubuh. Buah-buahan dapat mengandung vitamin dan mineral contohnya pepaya, jeruk dan semangka. Sayuran dapat mengandung vitamin dan mineral contohnya bayam,kangkung, dan wortel.

Penyebab pertumbuhan janin terhambat, adalah dari faktor maternal adalah malnutrisi yaitu kekurangan energi kronis atau overweight, faktor plasenta, faktor janin. Asupan Nutrisi ada dua macam: pertama Macronutrient: karbohidrat, protein, asam lemak, dan energi. Kedua Micronutrient: folat, vitamin, dan zinc Memperhatikan   asupan harian nutrisi kepada bayi yang berkualitas akan menghasilkan tumbuh kembang bayi menjadi baik. Sebaliknya jika asupan nutrisi buruk kepada sang bayi maka akan menghasilkan tumbuh kembang bayi menjadi buruk. Contohnya masalah buruknya IQ bisa jadi salah asupan nutrisi yang diberikan para orang tua kepada sang bayi itu buruk, atau salah satu faktor lainnya adalah genetik. Deteksi dini terhadap status gizi anak, dan memperhatikan berat badan anak, adalah  salah satu bentuk pemantauan tumbuh kembang pada sang anak.

Jadi mulai sekarang kita harus memperhatikan asupan nutrisi bagi sang anak, agar anak sehat dan dapat tumbuh kembang. 

Sumber: hellosehat.com, youtube.com

(Mardi/STAIPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.