Amalan dan Doa Ketika Malam Lailatul Qadar

RISALAH INSPIRA,- Malam Lailatul Qadar adalah rahasia Allah dan tidak satu pun orang mengetahui secara pasti kapan datangnya malam seribu bulan itu.

Namun, ada beberapa dalil yang memberikan kita ciri-ciri agar dapat menyambut datangnya malam ini, seperti dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari berikut,

Carilah Lailatul Qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan, pada malam yang ke sembilan tersisa, malam yang ke tujuh tersisa, malam yang ke lima tersisa“. (HR. Bukhari).

Umat islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah ketika malam-malam ganjil pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan. Lalu amalan apa saja yang dapat dilakukan untuk menyambut malam Lailatul Qadar?

Memperbanyak Membaca Doa Malam Lailatul Qadar

Imam An-Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar menjelaskan ada beberapa amalan yang sangat dianjurkan dalam menyambut malam lailatul qadar, salah satunya adalah membaca doa malam lailatul qadar. Adapun bacaan doa malam lailatul qadar adalah sebagai berikut :

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni’

Artinya, “Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, menyukai orang yang minta ampunan, ampunilah aku.”

Sholat Malam (Qiyamul Lail)

Hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni,” (HR. Bukhari).

Hal ini juga diperkuat oleh Syaikh Nawawi dalam kitab Niyatu az-Zain yang mengatakan bahwa strata tertinggi dalam menghidupkan malam lailatul qadar adalah dengan shalat.

Selain dari dua amalan di atas, pada ulama juga menganjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan harian seperti membaca Al-Quran, berzikir, bersedekah, bersholawat, beritikaf dan membaca doa-doa yang bermanfaat.

Demikianlah amalan-amalan yang dapat dilakukan dalam menyambut serta menghidupi malam lailatul qadar. Semoga kita semua dapat mendapatkan keistimewaan malam lailatul qadar tahun ini dengan senantiasa memperbanyak ibadah sehingga dapat mendatangkan rida dan ampunan Allah Subhanahu wa ta’ala. Amiin YRA (YF/Job)

Leave a Reply

Your email address will not be published.