BERITA INSPIRADAERAH

Gunung Kerud Terbakar, Lahan Seluas 1 Hektare Hangus

Sumber : sumedangkab.go.id

BANDUNG INSPIRA – Terjadi kebakaran lahan di area Bukit Gunung Kerud, Desa Jatihurip, Kabupaten Sumedang pada Kamis (22/08/2024).

Lahan bukit Gunung Kerud terbakar karena dipenuhi oleh dedaunan kering yang mudah terbakar. Hal ini menjadi semakin buruk karena adanya tiupan angin yang kencang, sehingga membuat api cepat meluas ke area lahan lainnya.

Beberapa titik api terlihat membakar semak-semak serta lahan ilalang kering sehingga menyebabkan petugas BPBD, Tagana, dan PMI sempat kewalahan memadamkan api.

Kesulitan pun semakin bertambah lantaran lokasi kebakaran berada di sebuah tebing yang terjal.

Menurut keterangan warga, api pertama kali terlihat di area bawah Bukit Gunung Kerud. Kebakaran ini bukanlah yang pertama kali, karena ketika musim kemarau tiba, Gunung Kerud seringkali dilanda kebakaran.

Lokasi kebakaran yang dekat dengan pemukiman penduduk membuat para warga khawatir. Ditambah, terdapat pula tower sutet di area tersebut.

Anggota Pusdalops BPBD Sumedang Lukman Hakim mengatakan bahwa kebakaran terjadi di sebuah lahan ilalang.

“Untuk luas yang terbakar sekitar 1 hektare. Untuk penyebabnya belum diketahui secara pasti dan mungkin itu nanti akan ditindaklanjuti,” ungkap Lukman kepada media

Menurut penuturan warga, api pertama kali terlihat di bawah Bukit Gunung Kerud dan sekitar satu jam kemudian berhasil dipadamkan.

Dengan adanya kejadian ini, BPBD menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran di lahan terbuka. (Raihani)**

About Us

Inspira Media adalah Media Holding yang bergerak di bidang content creator, content management, serta distribusi informasi dan hiburan melalui berbagai platform.