Yang Istimewa dari Super Bowl Amerika Serikat 2022, Iklan 30 Detik Capai Rp 100 Miliar!

JAKARTA INSPIRA,- Super Bowl merupakan agenda hiburan paling bergengsi di Amerika Serikat. Ini adalah pertandingan musim terakhir Liga Nasional Sepak Bola yang dirayakan secara nasional di AS.

Sejumlah aktris tampil dalam laga ini seperti Eminem, Snoop Dogg, Dr Dre, Mary J, Blige dan Kendrick Lamar, pada Minggu (13/2).

Tak hanya pemain utama dan aktris papan atas yang meramaikan agenda pertandingan sekaligus hiburan ini. Iklan-iklan komersial Super Bowl juga akan mencuri perhatian para penonton.

Robert Kolt rofesor periklanan dan hubungan masyarakat dari Michigan State University mengatakan bahwa iklan-iklan yang tampail di Super Bowl tak kalah dengan produksi Holywood.

“Bagi industri periklanan, Super Bowl hari Minggu itu seperti malam Oscar bagi industri perfilman. Ini adalah malam terbesar tahun ini. Kita akan saksikan iklan terbaik di Super Bowl Sunday,” ujarnya.

Dan yang termahal ditayangkan pada program yang paling banyak disaksikan di televisi Amerika, kata Jeanine Poggi, editor pada Advertising Age.

“Tahun ini, biaya iklan 30 detik waktu tayang di Super Bowl dapat mencapai 7 juta dolar (atau sekitar 100 miliar Rupiah),” kata Jeanine.

Iklan-iklan itu termasuk biaya produksi dan pemutaran bisa lebih mahal dibandingkan beberapa film berdurasi penuh.

Robert Kolt dari Michigan State University memperkiran biaya produksi iklan berdurasi dua menit waktu istirahat Super Bowl dapat mencapai 25 juta dolar dan jutaan dolar lainnya untuk merchandising yang menyibukkan para petugas bea cukai untuk menyortir barang-barang palsu.

Bagi penggemar, pertandingan sepak bola kali ini disaksikan bersama keluarga dan teman, dan bagi mereka yang membeli tiket seharga ribuan dolar itu menyaksikan pertandingan langsung dari stadion.

Bagi Los Angeles, menjadi tuan rumah Super Bowl ini sangat penting, kata Serena Williams, bintang olah raga tenis yang dibesarkan di daerah tersebut.

“Super Bowl ini sangat besar bagi masyarakat Los Angeles. Sangat berarti bagi semuanya dan jelas LA Rams ada di dalamnya. Siapa menyangka itu dapat terjadi?,” ujar Serena.

Tim Los Angeles Rams terakhir kali bertanding di Super Bowl tahun 2019, ketika kalah melawan New England Patriots dalam sebuah pertandingan di Atlanta.

Sementara Cincinnati Bengals belum berhasil mencapai Super Bowl sejak tahun 1980-an, namun perjuangan di lapangan sepak bola AS itu hanyalah bagian dari atraksi Super Bowl Sunday.

(VOA/GIN)