Waspada, Cuaca Ektrem Terjang Indonesia Pekan Ini

BANDUNG, INSPIRA,- Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan hati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem melanda seluruh wilayah Indonesia. peringatan terjadi hujan lebat disertai petir, gelombang tinggi perairan serta angin kencang diprediksi akan terjadi sepekan kedepan yakni 8-14 Februari 2022.

Dilansir dari media sosial resmi BMKG, kondisi ini dipicu peningkatan aktivitas dinamika atmosfer seperti aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) dan fenomena gelombang atmosfer yaitu gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial.

Selain itu, Jakarta Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) BMKG memantau pertumbuhan bibit siklon tropis 93S di sekitar Samudra Hindia sebelah barat daya Banten, dengan kecepatan angin di sekitar sistemnya mencapai 30 knot atau 56km/jam dan tekanan minimum mencapai 1000 hPa menjauh dari wilayah Indonesia.

Keberadaan bibit siklon tropis dapat membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin di wilayah Bengkulu, Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah pusat tekanan rendah.