TALKSHOW Edelweiss Health Festival 2nd Anniversary

Understanding Healthcare Industry in Indonesia

Healthcare Industry adalah agregasi dan integrasi sektor dalam sistem ekonomi yang menyediakan barang dan jasa untuk merawat pasien dengan perawatan kuratif, preventif, rehabilitatif, dan paliatif. Ini mencakup pembuatan dan komersialisasi barang dan jasa yang meminjamkan diri mereka sendiri untuk memelihara dan membangun kembali kesehatan.

Disini kita tidak akan membahas tentang apa itu Healthcare Industry tapi kita disini akan mempelajari atau memahami tentang Healthcare Industry di Indonesia. Agar kalian semua bisa lebih megetahui atau memahami tentang keadaan Healthcare Industry yang ada di Indonesia.

Dan pembahasan Yang akan kita bahas adalah tentang seperti apa sih Industri kesehatan di Indonesia? Apakah sudah standar dengan Internasional atau mungkin masih ketinggalan? Dan apa saja yang harus dilakukan oleh Healthcare Industry di Indonesia supaya bisa bersaing dengan Healthcare Industry di luar negeri?.

TALKSHOW Edelweiss Health Festival 2nd Anniversary

DATA-DATA KONDISI TENTANG FASILITAS KESEHATAN DI INDONESIA

Pertama-tama kita akan membahas tentang tantangan dan peluang di indonesia tentang kesehatan.

Mari kita lihat perbandingan antara Indonesia dengan negara Asia lainnya.

Para pembaca sekalian kalau kita melihat ukuran tentang Hospital di sebuah negara biasanya kita melihat tentang bed rasionya, dari yang bisa kita lihat bed rasio Indonesia kita bandingkan dengan beberapa negara lain di Indonesia bahwa kita memiliki rasio 1,2% per bed rasio itu  bisa kita bandingkan dengan 1000 populasi 1,2% bed untuk 1000 populasi kalau kita bandingkan dengan negara di Malaysia, Malaysia sudah 1,9% bed rasio per 1000 populasi di Vietnam juga lebih tinggi  2,6% di Thailand 2,1% dan di Philipin 1%, ini menandakan bahwa di Indonesia masih cukup kekurangan bed dan rumah sakit.

Dari yang kita lihat tenaga ahlinya atau dokter-dokternya di indonesia untuk perseribu populasi hanya memiliki 0,38%, bisa dilihat negara Indonesia sangat kekurangan yang namanya tenaga ahlinya dibandingkan dengan negara-negara lainnya bahkan Indonesia kalah dengan Vietnam dari segi statistik fasilitas kesehatan. Di Vietnam rasionya 0,8% jika di Indonesia masih 0,3%. Kondisi ini cukup memprihatinkan bagi kita  warga negara Indonesia, tapi di sisi satu lainnya kita bisa melihat di GDPnya Indonesia, bahwa GDPnya Indonesia memang lebih tinggi dari Laos dan Myanmar dari data-data yang terkumpul. Urutan negara Indonesia  adalah yang  ketiga dan ini masih bisa berpeluang untuk ditingkatkan kembali, ada satu kondisi yang harus diperhatikan yaitu negara indonesia kekurangan bed yang dimana akan bertambah parah jika populasi Indonesia akan terus bertambah. 

Di Tahun 2025 ini kita bisa memprediksikan pertumbuhan penduduk Indonesia bisa jadi bertotal 282 miliar penduduk Indonesia, bisa dibayangkan bagaimana jika penduduk Indonesia terus bertambah. Namun, bed-nya tidak mencukupi karena adanya sebaran usia produktifnya seperti yang ada di data tersebut masih berbentuk besar, begitu pula 5 tahun yang akan datang diusia produktifnya akan bergeser naik ke atas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.