Tutup Telinga Soal Penolakan, Presiden Jokowi Tetap Tandatangani UU IKN dan Pembangunan Dimulai

JAKARTA INSPIRA,- Penolakan yang bergulir pada Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (IKN) oleh berbagai individu maupun kelompok tak membuat risau Presiden Joko Widodo (Jokowi), dia sudah resmi menandatanganinya pada Selasa (15/2/2022).

Dengan demikian, pembangunan IKN baru di Kalimantan Timur bisa dimulai.

Pembubuhan tanda tangan UU IKN oleh Presiden Jokowi itu disampaikan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Kamis (17/2/2022).

Suharso menyatakan, pembangunan IKN akan menjadi awal peradaban baru bagi Indonesia.

“Dengan nama Nusantara, Ibu Kota Negara Republik Indonesia merepresentasikan konsep kesatuan yang mengakomodasi kekayaan kemajemukan Indonesia,” kata Suharso, dilansir dari Antara.

Untuk diketahui, UU IKN baru disahkan melalui rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPR RI Puan Maharani di DPR RI, pada Selasa (18/2/2022) lalu.

Satu-satunya fraksi yang menolak pengesahan adalah Partai Keadilan Sejatera (PKS).

Sebelumnya, Ketua DPR RI, Puan Maharani juga sudah menyambangi kawasan titik nol IKN Nusantara di Penajam Paser Utara (PPU), Rabu (16/2022).

Puan datang bersama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara untuk meninjau pembangunan IKN Nusantara.

“Di titik nol ini, seperti yang direncanakan, Insya Allah Istana Negara akan dibangun juga gedung-gedung pemerintahan, DPR dan lembaga tinggi negara lainnya,” ujar Puan. (GIN)