Tetap ‘Hidup’ Hingga 18 Tahun, The Harvest Bagi Kegembiraan di Tengah Guncangan Perekonomian

BANDUNG INSPIRA – Sampai menuju angka 18 tahun tentunya bukanlah yang mudah bagi sebuah perusahaan untuk bisa bertahan. Namun, bagi salah satu brand kue ternama di Indonesia fase itu bisa dilewati.

The Harvest Cake, Bread and More pun merayakan hari jadinya ke-18 tahun di Harvest Dago, Kota Bandung, belum lama ini. Edison Manalu selaku CEO The Harvest Group mengatakan, perjalanan perusahaan kue tersebut cukup panjang dan tak selalu mulus jika dinilai dengan keberhasilan hingga kini. Diakuinya, perusahaan kue tersebut awalnya berdiri sejak 2002 namun belum diberi nama Haevest.

“Tahun 2004 namanya menjadi harvest. Kemudian foundernya Malda Silva. 2017 perusahaan ini diakusisi oleh Falcon House, jadinya dikelola secara mungkin bisnis keluarga naik jadi bisnis corporate sampai sekarang,” kata Edison.

Lebih jauh ia berbagi cerita, hingga kini The Harvest tetap dalam kondisi seimbang. Bahkan saat awal pandemi Covid-19 pada 2020 lalu, The Harvest tidak melakukan pemutusan tenaga kerja atau mengurangi menu berbagai macam kue, sehingga perusahaan tersebur sampai kini tetap sehat.

“Ada pandemi (Covid-19) pasa 2020, tapi bisnis kita tumbuh hingga double digit. Kalau yang lain pengurangan karyawan, tapi kita enggak. Kita masih tetap terus berjalan sampai saat ini,” bebernya.

Kini, menginjak usia ke-18, lanjut Edison, pihaknya terus memberikan semangat kepada seluruh karyawan untuk tetap bekerja secara tim. Bahkan ia pun kerap mewanti-wanti kepada karyawannya untuk terus berinovasi ditengah gempuran berbagai produk-produk kue terutama di Bandung yang terkenal dengan kota kuliner.

“Saya selalu pesankan, kita berhasil karena kuasa tuhan, gak ada superman tapi supertim semua kontribusi, adaptasi atau kita mati. Jadi semangat itu dipegang. 18 tahun ini kalau cewe sedang cantiknya. Boleh cantik tapi harus tidak remehkan kompetitor, tahu pasar, dengerin konsumen, itu kuncinya dan keberhasilan itu keberhasilan tim bukan perorangan,” tandasnya. (TRIW)

Leave a Reply

Your email address will not be published.