Ssst..Punya Uang Rp75 Ribu? Ada Ciri Khusus Ini? Katanya Bisa Jadi Kaya Mendadak

BANDUNG INSPIRA,- Punya uang rp 75 ribu yang resmi dikeluarkan oleh negara? Kalau punya dan memiliki sebuah ciri-ciri tanda yang khusus dari pecahan mata uang ini, katanya bisa menjadi kaya mendadak?

Serius? Kenapa bisa? Uang kertas pecahan Rp 75 ribu itu konon bisa laku hingga puluhan juta rupiah.

Seorang kolektor uang dikabarkan bahkan sampai berani menghargai uang kertas pecahan Rp 75 ribu edisi khusus itu senilai Rp 40 juta.

Seperti yang diketahui bersama, uang pecahan khusus Rp75 ribu memang sengaja dikeluarkan dalam rangka peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia.

Memang jumlahnya tak banyak. Keputusan dikeluarkannya uang pecahan Rp 75 ribu dengan jumlah terbatas itu tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor 22/11/PBI/2020 tentang Pengeluaran dan Pengedaran Uang Rupiah Khusus Peringatan 75 Tahun Kemerdekaan NKRI.

Selain itu, pecahan tersebut juga tercatat dalam Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 194.

Dikatakan oleh seorang pria bernama Mr. Zein, seperti yang dikutip dari akun YouTube Info Uang, dan disebut sebagai pakar sortasi uang.

Kata dia uang pecahan Rp75 ribu bisa dihargai sampai Rp 40 juta.

“Saya akan menginformasikan tentang uang UPK yang nilai harganya mencapai 40-an juta rupiah,” tutur pria dalam video tersebut.

Dirinya juga mengatakan uang itu banyak diburu oleh para kolektor uang, bahkan disebutkan harganya bisa mencapai puluhan juta.

Ia juga mengungkap kriteria atau ciri-ciri uang yang memiliki nilai penjualan yang mahal itu.

“Karena uang ini memiliki nomor seri yang bagus, dan nomor seri yang bagus itu terdiri dari huruf kembar dan angka yang kembar,” katanya.

“Hurufnya AAA dan angkanya 000000,” jelasnya.

Tanda itu membuat uang pecahan tersebut harganya sangat mahal dan menjadi rebutan oleh para kolektor yang ada saat ini.

“Uang UPK dengan nomer seri AAA000000 merupakan uang Bernomer seri termahal dibandingkan nomer seri lainnya (AAA111111-AAA999999),” ujarnya.

“Nomer Seri AAA000000 Seharusnya tidak beredar, biasanya ada tulisan SPESIMEN pada uang tersebut,” lanjutnya dalam deskripsi video.

Tahun lalu, uang kertas pecahan Rp75 ribu ini memang sempat jadi sorotan. Bahkan Hanya dalam hitungan hari setelah diluncurkan Bank Indonesia. Uang pecahan edisi khusus Kemerdekaan RI ke-75 dengan nominal Rp 75 ribu sudah banyak dijual di sejumlah marketplace.

Tak tanggung-tanggung, toko online mematok harga sangat tinggi untuk selembar uang itu. Penjualan uang itu sempat diposting di e-commerce seperti Shopee dan Bukalapak.

Dibandingkan dengan nominalnya, harga uang tersebut terbilang selangit karena mencapai jutaan rupiah.

di Shopee uang edisi khusus kemerdekaan Indonesia ke 75 ini dijual pemilik akun celestial77 seharga Rp 1,375 juta. Ia mengklaim memiliki uang baru ini sebanyak dua lembar. Tak cuma itu di Shopee masih ada yang menjualnya namun seharga Rp80 ribu. (MSN)