Siti Muntamah Apresiasi Kolam Retensi Banjir Hasil Kolaborasi Pemkot Bandung dan Cimahi

BANDUNG INSPIRA,- Siti Muntamah, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi PKS (dapil Kota Bandung – Cimahi ) menghadiri penggenangan perdana kolam retensi Pasir Kaliki yang terletak di Kelurahan Pasir Kaliki, Kota Cimahi, Kamis (17/02/2022).

Dalam kesempatan tersebut Siti Muntamah sangat mengapresiasi kinerja dan kolaborasi yang baik antara Pemkot Bandung dan Pemkot Cimahi mengatasi masalah Banjir sering terjadi di perbatasan wilayah dengan membuat Kolam Retensi walau belum difungsikan secara permanen.

“Saya sangat mengapresiasi atas hasil kerja kolaborasi cerdasnya Pemkot Bandung dan Pemkot Cimahi, lahan telah disiapkan Pemkot Cimahi dan pembangunannya di tangani oleh Pemkot Bandung sehingga pembangunan terbilang cukup cepat,” ucap Ummi Siti panggilan akrabnya.

Kolam Retensi ini memiliki luas 10.000m2 dengan pembagian 7.000 M2 digunakan untuk menampung air dengan kedalaman mencapai 28.000 m2 sedangkan 3.000 m2 dapat digunakan sebagai ruang publik, sehingga diharapkan mampu menampung air yang mengalir dari titik rawan banjir dan mencegah terjadinya banjir.

Sebelumnya Ummi Siti telah meninjau langsung ke lapangan pada saat banjir terjadi di wilayah kelurahan Sukaraja, “Teringat November 2021 lalu, saya dan almarhum Mang Oded (Walikota Bandung) meninjau beberapa titik banjir di wilayah perbatasan Kota Bandung, Allahuyarham Mang Oded menginisiasi dan menghubungi Pak Ngatiana (Plt Cimahi) untuk berkolaborasi menghadapi masalah banjir dengan membuat kolam retensi,” kenang Umi Siti.

Seperti yang disampaikan (Plt.) Walikota Cimahi Ngatiyana sangat mengapresiasi inisiasi dari Pemkot Bandung tentang pembangunan kolam retensi tersebut yang di rencanakan sejak 2021, “ini diawali sejak almarhum Mang Oded, lewat sebuah pembicaraan informal, kita sama-sama butuh, Alhamdulillah sekarang terwujud dannproaeanya dari awal tidak menghadapi kendala berarti, makanya terhitung cepat,” ujar Ngatiana.

Terakhir, Anggota DPRD Jawa Barat Ummi Siti pun menyampaikan pesan kepada warga Bandung dan Cimahi “Insya Allah semua orang bisa merasakan manfaat dari kolam retensi ini dibarengi dengan masyarakat menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan KangPisman (Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan) sampah secara bijak . Saya pun kedepannya siap mendukung program-program lainnya dari kolaborasi Kota Bandung dan Cimahi yang memberikan dampak baik bagi masyarakat khususnya Kota Bandung dan Cimahi,” tutup Umi Siti.¬†(BOB/GIN)