Satgas: Boleh Bukber, Tapi Tidak Usah Ngobrol

JAKARTA INSPIRA,- Menjelang umat Muslim laksanakan ibadah puasa, Satgas Covid-19 menerbitkan protokol kesehatan Covid-19 di bulan puasa Ramadhan 2022. Salahsatunya soal kebudayaan buka bersama.

Namun, terdapat beberapa catatan dan syarat yang wajib diperhatikan masyarakat ketika sedang melakukan bukber di Ramadhan 2022.

Salah satunya adalah masyarakat diminta untuk menjaga jarak dan tidak ngobrol di saat acara bukber dilangsungkan.

“Kalau buka puasa bersama (bukber) sebaiknya dijaga jarak yang cukup dan tidak usah berbicara pada saat makan,” kata juru bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito, Selasa (29/3).

“Jangan lupa juga cuci tangan sebelum makan supaya kita betul-betul bersih dan sehat,” katanya.

Wiku juga menjelaskan karena aturan Covid-19 sudah mulai dlonggarkan, maka masyarakat sudah harus bisa melakukan adaptasi.

“Jadi semua bisa dilakukan, asal betul-betul adaptasinya dengan protokol kesehatan,” ucapnya.

Perlu diketahui bahwa tahun ini, pemerintah sudah memberikan berbagai kelonggaran aktivitas di bulan Ramadhan 2022 di saat pandemi Covid-19.

Masyarakat saat ini sudah diizinkan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti bukber dan juga shalat tarawih berjamaah di masjid.

Yang paling baru juga masyarakat diizinkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mudik pada tahun ini.

Tetapi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh mereka. Salah satu syaratnya adalah vaksin dosis lengkap dan vaksinais booster Covid-19. (Gin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.