Sampai Kapan Puasa Syawal 2022? Ini Batas Akhirnya

RISALAH INSPIRA,- Setelah merayakan hari raya Idul Fitri, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan puasa Syawal selama 6 hari. Namun, kapan batas akhir puasa Syawal 2022 sebenarnya?

Batas akhir puasa syawal sendiri pernah disampaikan oleh Rasulullah SAW. HR. Muslim mengisahkan Abu Ayyub al-Ansari menuturkan bahwa Rasulullah SAW berpuasa selama Ramadhan dan melanjutkan puasa di bulan Syawal selama enam hari.

Hal tersebut dicatat dalam hadits yang berbunyi, “Abu Ayyub al-Ansari (semoga Allah SWT ridho atasnya) melaporkan Rasulullah SAW berkata, “Dia yang berpuasa selama Ramadhan dan melanjutkannya dengan enam hari puasa saat bulan Syawal akan seperti melakukan puasa terus-menerus.” (HR Muslim).

Selain dari HR. Muslim, yang menyampaikan kata-kata Abu Ayyub, ada juga riwayat lain tentang puasa syawal yang disampaikan oleh Ibnu Majah di bawah ini.

“Seperti diceritakan dari Muhammad bin Ibrahim, Usamah bin Zaid terbiasa puasa di bulan-bulan suci. Rasulullah SAW kemudian berkata, “Puasalah di Bulan Syawal.” Lalu dia melaksanakan puasa tersebut hingga akhir hayat,” (HR Ibnu Majah).

Kapan batas akhir puasa syawal 2022 juga bisa diketahui dari HR. Muslim yang mengungkapkan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang berpuasa pada dua hari yaitu Idul Fitri dan Idul Adha.”

Maka, dari hadits tersebut sudah jelas bahwa kita tidak boleh puasa pada tanggal 1 syawal. Puasa syawal dimulai pada tanggal 2 syawal sampai enam hari kemudian. Puasa syawal dilaksanakan selama enam hari selama bulan syawal.

Batas akhir puasa syawal adalah tanggal 30 syawal. Dianjurkan untuk melaksanakan puasa mulai hari ke dua sampai enam hari kemudian di bulan syawal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.