Sambut Ramadhan, Lembaga Wakaf Salman Rilis Program ‘Cakeb’

BANDUNG INSPIRA-, Sambut bulan suci Ramadan 1443 Hijriah, Lembaga Wakaf Salman kembali membuat berbagai program berbagai untuk kemanusiaan. Diantaranya pemanfaatan teknologi terbarukan.

Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Wakaf Salman Hari Utomo di Gedung Wakaf Salman di Jalan Gelap Nyawang, Kota Bandung pada Jumat 1 April 2022. Salah satunya adalah program Cakeb (Cari Keberkahan) Wakaf Salman, dimana dalam program ini akan semakin dengan warga masyarakat khususnya yang membutuhkan.

“Kita tentu akan menyalurkan banyak Al-Quran tak hanya di Jawa Barat saja melainkan merambah ke berbagai tempat di Indonesia,” tutur Hari.

Pihaknya juga kini telah memulai pemanfaatan teknologi terbarukan pada Mesjid yang tengah dibangun saat ini. Menurut Hari nantinya Masjid Salman akan menggunakan tenaga matahari misalnya untuk memenuhi kebutuhan listriknya. Tujuannya tentunya untuk mengurangi efek pemanasan global.

“Selama ini kita sering menggunakan energi fosil, nah ke depan kita akan menggunakan energi melalui panas matahari. Ini juga bisa sebagai pelopor bahwa masjid bukan hanya tempat yang berkaitan dengan agama namun bisa dijadikan pusat peradaban,” kata dia.

Hari menyebut teknologi lainnya yang diterapkan adalah ‘rain fall harvesting’ atau pemanfaatan air hujan.

“Jadi air hujan ini tidak hanya lewat begitu saja masuk ke tanah, akan tetapi kita manfaatkan sebagai sumber untuk mengairi tanaman, atau dimanfaatkan sebagai penghasil energi,” ujarnya.

Hari juga menambahkan jika program Cakeb kali ini menyasar hingga lapisan masyarakat di pedalaman. Salah satunya masyarakat adat suku Baduy.

“Kami mencoba masuk kesana untuk berbagi keberkahan Ramadhan sambil sedikit-sedikit mengembangkan teknologi namun menjaga kultur budaya disana,” ungkap Hari.

Diharapkan dengan teknologi ini dapat membantu pelestarian alam yang ada.

“Mudah-mudahan program-program tersebut bisa segera selesai akhir tahun ini,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.