Saat Shalat Kamu Tidak Fokus? Ada 6 Tips Yang Harus kalian lakukan

6 Tips Supaya Pikiran Ga Kemana-Mana Saat Shalat
6 Tips Supaya Pikiran Ga Kemana-Mana Saat Shalat

pasti diantara kalian ada yang sering pikirannya tidak fokus ya pada saat shalat. Saat sholat kita di sarankan agar keadaan hati dan pikiran tenang. Karena hal itu sangat penting bagi kita umat muslim untuk khusyu’ saat melakukan sholat. Lalu bagaimana cara kita untuk tenang dan pikiranpun tidak kemana-mana saat sholat. 

jangan khawatir Coba saja Lakukan Tips ini Supaya Ibadah kita Khusyu

1. Sempurnakan Wudhu kalian

saat berwudhu kita dianjurkan untuk tidak terburu-buru dalam membaca do’a dan maupun gerakan wudhu, agar supaya pada saat kita shalat kita pikiran nya gak kemana-mana

2. Baca niat shalat (tekenin dalam hati)

ketika pada saat kita membaca niat shalat kita harus bersungguh-sungguh meniatkan niat kita untuk Allah SWT dan sebelum baca niat shalat kita juga harus membaca do’a Ta’awudz.

3. Menghadap tempat sujud

Nah ini juga penting ya, kalau kita liatnya ngadep kedepan otomatis shalat kita langsung gak Khusyu. yang harus dilakukan agar kita tidak menghadap kemana-mana, adalah kita harus menghadap ke arah yang satu titik yaitu bisa ke sejadah atau ke arah imam.

4. Maknai setiap bacaan dan gerakan shalat

dalam bacaan dan gerakan shalat memiliki makna-makna tersendiri, contohnya niat. niat memiliki makna bahwa kita secara sadar melakukan sholat dengan tulus guna memenuhi perintah Allah SWT. dan kita dianjurkan untuk mengetahui dan memaknai bacaan do’a dan gerakan shalat teresbut pada saat melalukan ibadah shalat (misal kalian sedang membaca surah al-ikhlas maka dalam hati kalian juga harus memaknai bahwa allah itu ahad, esa, dan tunggal).

5. Sempurnakan gerakan shalat terlebih dahulu, baru bacaan d’oanya

Misalnya gerakan ruku’ maka harus sempurna dulu punggung harus lurus, nah setelah itu baru kalian baca do’anya

6. Rileks dan tidak usah terburu-buru

kebanyakan dari kaum muslim terutama anak-anak muda selalu terburu-buru dalam melakukan kegiatan ibadah shalat. kita sebagai orang dewasa harus mengajarkan kepada anak-anak muda, bahwa dengan melemaskan pundak kita, mengurangi ketegangan kita dan menikmati shalatnya, insyallah tak akan terburu-buru lagi .


Semoga tips ini bisa membantu kalian lebih Khusyu dalam beribadah shalat.

Sumber

Twitter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.