Putin Akan Temui Zelensky untuk Akhiri Perang

JAKARTA INSPIRA,- Presiden Vladimir Putin terbuka kemungkinan bertemu Presiden Volodymyr Zelensky untuk negosiasi demi mengakhiri perang Rusia-Ukraina yang sudah berjalan lebih satu bulan.

Delegasi Rusia dan Ukraina membuka kemungkinan pertemuan antara Presiden Vladimir Putin dengan Presiden Volodymyr Zelensky demi mengakhiri perang.

Penasihat Kepresidenan Ukraina, Mykhailo Podolyak, menilai ada perkembangan signifikan dalam dialog hari ini yang berujung pada kemungkinan pertemuan Presiden Putin dan Presiden Zelensky.

“Kami sedang menyiapkan dokumen untuk mengizinkan para presiden bertemu dalam asas bilateral,” kata Podolyak, Selasa (29/3).

Kedua pihak juga bakal melakukan diskusi lanjutan secara virtual. Ukraina menegaskan bahwa mereka membutuhkan kata-kata resmi yang jelas.

“Delegasi Rusia bersikap konstruktif dan sadar. Ini bukan berarti negosiasi ini mudah. Ini sangat sulit. Namun, sisi Rusia tengah memperhatikan proposal Rusia dan proposal Ukraina,” tuturnya lagi.

Sementara kantor berita pemerintah Rusia, RIA, melaporkan bahwa perwakilan Rusia menyampaikan langsung kemungkinan tersebut dalam pertemuan dengan Ukraina di Turki, Selasa (29/3).

Berdasarkan pemberitaan itu, pemimpin delegasi Rusia, Vladimir Medinsky, juga mengatakan bahwa negosiasi kali ini konstruktif. (Gin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.