Profesor Obsatar Sinaga Dilantik Menjadi Rektor Uninus

BANDUNG INSPIRA – Ketua Yayasan Pembina Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung KH Hasan Nuri Hidayatullah melantik Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, M.Si., (Prof Obi) sebagai Rektor Uninus periode 2023-2027, menggantikan Plt Rektor Brigjen TNI (Purn) Dr. Yusuf, S.Sos., M.M.

Pelantikan dilangsungkan di Gedung Yayasan dan Rektorat Uninus, lantai III, Jalan Soekarno Hatta, No 530, Kota Bandung, Selasa (3/1/2023) yang dihadiri petinggi yayasan dan anggota senat Uninus.

KH Hasan Nuri Hidayatullah yang akrab disapa Gus Hasan menjelaskan dipilihnya Prof Obsatar Sinaga menjadi Rektor Uninus, merupakan hasil musyawarah internal yayasan. Pihaknya yakin rektor baru ini bisa membawa perubahan Uninus ke arah yang lebih maju, karena memiliki segudang pengalaman.

“Kita telah melahirkan mubaligh yang baru yakni Prof Obsatar Sinaga atau Prof Obi Insya Allah beliau akan mengomandani Uninus selama empat tahun ke depan,” kata Gus Hasan.

Gus Hasan berpesan setelah dilantiknya Prof Obi, semua elemen yang ada di Uninus kompak, dan secara bersama-sama membawa Uninus menjadi kampus unggul yang berlandaskan nilai-nilai keislaman Ahlussunnah wal Jama’ah.

“Intinya harus taat kepada pemimpinnya. Seperti sholat berjamaah, ada aturan dan ada imamnya,” kata dia.

Oleh sebab itu, lanjut Gus hasan, perlu ditekankan agar sumber daya manusia yang ada di Uninus terus berbenah ke arah kemajuan dan memiliki loyalitas yang tinggi, bisa kembali ke masa jayanya bahkan lebih.

Dikatakan Gus Hasan, Uninus juga memiliki impian. Tahun ini bisa membuka Fakultas Kedokteran dan program S3 Hukum, termasuk terus meningkatkan akreditasi fakultas dan program studi yang ada.

Dalam kesempatan yang sama Prof Obi, Rektor Uninus terpilih siap menerima tantangan baru. Menurutnya Uninus sudah waktunya kembali ke masa kejayaannya.

Adapun caranya di antaranya bersama-sama membawa Uninus ke arah yang sama.

“Kalau diibaratkan perahu jangan ada yang coba-coba membocorkan perahu, tetapi bersama-sama mendayung ke arah yang sama,” kata Prof Obi.

Menurutnya, untuk menjadikan Uninus sebagai kampus unggul, merupakan hal yang tidak mudah, namun dirinya memiliki keyakinan dengan hadirnya banyak profesor di Uninus hal itu bisa dan bukan hal yang mustahil.

“Kita punya Prof. Suryana Sumantri sebagai dosen S3 Program Studi (Prodi) Ilmu Pendidikan, Prof. Imas Siti Setiasih bersama Prof. Dadi Suryadi menjadi dosen di Prodi Pertanian hingga Ketua Paguyuban Profesor LLDIKTI Wilayah IV, Prof. Endang Komara dan ke depan akan banyak lagi profesor yang bergabung,” kata Rektor Uninus yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Yayasan Pembina Uninus tersebut.

Adapun cara lain untuk memujudkan impian Uninus harus banyak inovasi.

“Uninus bisa maju bukan gara-gara banyak duit, bukan karena disediakan uang banyak. Justru harus bikin crazy idea dengan bagaimana caranya agar Uninus bisa maju. Contohnya mahasiswa untuk kelulusan nggak usah bikin skripsi tetapi bikin produk. Tapi tolong komitmen semua unsur yang ada dan keberanian bersama-sama,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *