Pemahaman Perwal PPKM Level 3 Lemah? Dari Barongsai, Dewa 19, Hingga Tulus Tak Kantongi Izin

BANDUNG INSPIRA,- Konser musik lagi-lagi batal di Kota Bandung, kini Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung bersama kepolisian membubarkan pertunjukan konser Tulus yang digelar di Critical 11, Kompleks Bandara Husein Sastranegara, Cicendo, Kota Bandung, Selasa (29/3/2022) malam.

Sebelumnya Grup band kondang Indonesia, Dewa 19 batal menggelar konser di The House Convention Centre, Paskal Hyper Square, Kota Bandung yang seharusnya tampil pada 19 Maret 2022 karena tidak mengantongi izin.

Batalnya konser musik tersebut idealnya tidak terjadi, pasalnya izin yang seharusnya didapat, namun tidak dimiliki pihak penyelenggara. Dampaknya, kerugian pun dialami ratusan penonton yang sudah membeli tiket.

Ditambah lagi, aturan jelas terkait penyelenggaraan event musik tertuang dalam Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 25 Tahun 2022 yang resmi ditanda tangani Plt Walikota Bandung Yana Mulyana pada 15 Maret 2022 untuk PPKM level 3.

Diperjelas dalam pasal 20 Nomor 2 berbunyi kegiatan/aktivitas event dan atau konser seni/musik/budaya yang dilaksanakan di dalam ruangan diperbolehkan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian penyebaran COVID-19 secara ketat.

Selanjutnya, pada nomor 3, disebutkan pengelola fasilitas atau penanggungjawab kegiatan/aktivitas event dan/atau konser seni/musik/budaya sebagaimana dimaksud pada ayat (2) wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining bagi setiap orang yang hadir.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Asep Gufron pun angkat bicara, pihaknya membenarkan bersama kepolisian membubarkan pertunjukan konser Tulus.

“Ya benar, pembubaran dilakukan karena belum mengantongi izin dari Satgas Covid-19 sama Polres,” beber Asep saat dihubungi, Selasa (30/3/2022).

Lebih jauh ia menjelaskan, pembubaran dilakukan sebelum konser dimulai, sekitar pukul 18.30 WIB. Akibat pembubaran tersebut, ratusan orang yang telah memiliki tiket dipastikan batal menonton pertunjukan penyanyi Tulus. “Untuk tiket yang sudah terjual itu urusan panitia,” tegasnya.

Ia menjelaskan, panitia penyelenggara konser penyanyi Tulus sempat mengajukan izin beberapa waktu lalu. Akan tetapi, karena berpotensi menimbulkan kerumunan, maka konser tersebut tidak direkomendasikan untuk digelar oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung.

Bahkan, setelah ditolak panitia penyelenggara konser kembali mengajukan izin beberapa kali ke Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung. Diakuinya, permohonan ulang untuk menggelar konser Tulus terakhir yang diajukan panitia belum dibahas kembali hingga konser tersebut digelar kemarin malam.

Hal serupa pun terjadi pada Dewa 19 karena tidak mengantongi izin. Mengutip unggahan Dewa 19 di akun Instagram-nya, Dewa 19 menjelaskan kejadian tersebut di luar prediksi mereka. Padahal, mereka telah mempersiapkan konsernya itu secara matang.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Aswin Sipayung, mengatakan polisi memiliki pertimbangan sehingga tidak mengeluarkan izin untuk konser grup band Dewa 19 tersebut. “Yang pasti banyak pertimbangan yang kami nilai sebaiknya konser tidak ada dulu, nanti kalau sudah level dua, boleh saja,” tuturnya.

Pihaknya mengatakan, hanya menegakan aturan. “Tidak ada yang berlebihan, kami hanya menegakan aturan,” ujarnya.

Di Kota Bandung sendiri pembubaran kerumunan ditengah PPKM level 3 bukan kali pertama atau kedua untuk sebuah event yang tidak mengantongi izin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.