Muncul GMC dan GP Mania di Jabar, Pengamat Sebut Potensi Untuk Naikkan Elektabilitas Ganjar

BANDUNG INSPIRA,- Menjelang pilpres 2024 relawan dari sejumlah tokoh yang digadang-gadang akan maju di Pilpres 2024, bermunculan.  Salah satunya ialah relawan dari Ganjar Pranowo yang saat ini tengah menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Deklarasi relawan Ganjar Pranowo di Jabar, sudah dilakukan di beberapa kabupaten dan kota di Jabar mengatasnamakan Ganjar Milenial Center. Sedangkan di Indramayu, Relawan GP Mania yang dipimpin Immanuel Ebezener atau Noel mendeklarasikan diri dengan para petani.

Menanggapi munculan relawan Ganjar di Jabar, Pengamat Politik Universitas Padjadjaran, Firman Manan menjelaskan bahwa hal tersebut sangatlah wajar. Sebab, Pilpres 2024 semakin dekat.

“Terkait munculnya relawan-relawan dari para tokoh, wajar saja karena pilpres semakin dekat,” ujar Firman saat dihubungi, Selasa (22/22022).

Firman menambahkan, memang perlu dilakukan adanya deklarasi relawan oleh Ganjar. Suara di Jabar dianggapnya sangat mempengaruhi untuk bisa memenangkan Pilpres 2024.

“Perlu dilakukan oleh Ganjar mendeklarasikan relawan, karena Jabar ini merupakan daerah pertarungan saat pilpres nanti, di mana hampir 17,5 persen pemilih di Jabar jika merujuk DPT (daftar pemilih tetap) 2019 lalu sebanyak 33 juta pemilih,” jelasnya.

Selain potensi pemilih, relawan Ganjar juga harus meyakin&-‘ Masyarakat di Jabar dengan karakter masih swing voters (massa mengambang).

“Relawan Ganjar Pranowo harus terus melakukan penetrasi ke masyarakat di Jabar, dengan sosialisasi yang masif agar peningkatan popularitas dan elektabilitas terhadap Ganjar Pranowo meningkatk,” papar Ganjar.

Berdasarkan hasil survei terakhir, Firman menyebut bahwa nama Ganjar Pranowo masih belum mengangkat elektabilitasnya di Provinsi Jabar.  Oleh karena itu, munculnya relawan dapat menaikkan Elektabilitas Ganjar Pranowo.

“Masih belum mengangkat karena didominasi oleh Ridwan Kamil popularitas dan elektabilitas di Jabar ini, disusul Anies Baswedan lalu Prabowo Subianto, dan ini jadi kerja keras dan PR bagi relawan Ganjar,” paparnya.

Firman juga mengingatkan agar relawan melakukan sosialisasi yang bijak dan tidak menyinggung tokoh lain.

“Ya jika relawan Ganjar Pranowo ini masif dan terus bergerak dengan pengenalan kemana-mana, elektabilitas dan popularitas Ganjar bisa meningkat khusus di Jabar,” pungkasnya.

Sebelumnya, Milenial dan mahasiswa se-Jawa Barat yang tergabung dalam Ganjar Milenial Center (GMC), mendeklarasikan diri mendukung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk maju sebagai Calon Presiden (Capres) 2024.

Tak hanya itu, petani Kabupaten Indramayu, Jawa Barat melakukan deklarasi dukungan kepada Ganjar Pranowo untuk maju dalam Pemilihan Presiden 2024, dan diharapkan bisa meneruskan perjuangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Deklarasi ini bukti para petani menginginkan Ganjar Pranowo sebagai penerus Pak Jokowi,” kata Ketua Ganjar Pranowo (GP) Mania Imanuel Ebenezer, di Indramayu.