Milenial Asal Puspahiang Tasikmalaya Ekspor Ribuan Ton Manggis ke Tiongkok

INSPIRA, BANDUNG – Hamdan Taufik Fikri, pria kelahiran 1 Agustus 1994 di Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat layak mendapat predikat sebagai eksportir milenial di Indonesia. Lulusan S1 Agribisnis Universitas Siliwangi ini mendirikan CV. ANH Fruits Group di tempat kelahirannya.

Menggarap bidang usaha pertanian modern komoditas buah manggis, kini Hamdan yang merupakan founder Kampus Ekspor ini mampu mengekspor manggis hingga 5.000 ton ke China.

Mulai 2019, Hamdan secara berkala mengekspor manggis ke Tiongkok. Terakhir, ANH Fruits Group mengekspor 200 ton manggis dalam program Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) dicanangkan Kementerian Pertanian. Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum bahkan secara resmi melepas ekspor berbagai komoditas Jawa Barat ini beberapa hari lalu.

“Terima kasih yang sebesar – besarnya kepada unsur Pemerintah Provinsi Jawa Barat Kang Emil khususnya yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Wagub Bapak Uu Ruzhanul Ulum yang telah mengayomi kami para pelaku usaha ekspor khususnya komoditas manggis yang merupakan produk pertanian khas Puspahiang Tasikmalaya”katanya, Senin (10/10/2022).

kedepan, Hamdan ini berharap peran pemerintah semakin signifikan kepada eksportir dalam negeri dan memfasilitasi prosedur ekspor serta memperluas pasar internasional.

“Bagi kami, kolaborasi antara pelaku usaha dan pemerintah akan sangat efektif dalam mengangkat derajat dan kesejahteraan para petani di desa sehingga apa yang di cita-citakan Jawa Barat melalui slogan ‘tinggal di desa, rezeki kota, bisnis mendunia’ dapat terwujud dan kami mendukung penuh segala upaya dalam merealisasikan hal tersebut”ucapnya.

Uu mengatakan, gerakan peningkatan ekspor pertanian yang digagas Menteri Pertanian ini, adalah untuk menyatukan kekuatan seluruh pemegang kepentingan pembangunan pertanian dari hulu sampai hilir.

“Jawa Barat memiliki banyak komoditas pertanian mulai dari tanaman pangan hingga tanaman hias. Kita sangat bangga tentunya untuk melepas ekspor ini dan tentunya kita berharap ekspor ini bukan hanya sekadar seremonial belaka. Oleh karena itu, Pemerintah Jawa Barat akan terus mendukung para petani dan tentunya akan bekerja sama dengan pemerintah pusat”, ujar Uu.

Komoditas pertanian yang diekspor antara lain buah manggis, ubi cilembu, teh, kopi, batok kelapa, cocofiber, kopi, cokelat, serta tanaman hias dengan negara tujuan ke Hongkong, Inggris, Jepang, Malaysia, Swiss dan Uni Emirat Arab dengan nilai ekonomi mencapai 4000 US Dollar. (Tri Junari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *