Mengabdi pada Masyarakat, PMII RTK UIN Sunan Gunung Djati Bandung Gelar KKP

BANDUNG INSPIRA,- Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Tarbiyah dan Keguruan (RTK) UIN Sunan Gunung Djati Cabang Kabupaten Bandung gelar Kuliah Kerja Pergerakan (KKP) dalam rangka pengabdian pada masyarakat.

Kegiatan ini dimulai sejak Sabtu (12/2) hingga dua minggu kedepan di Kampung Cikoneng RW 01, Desa Cibiru Wetan, Kabupaten Bandung.

Ketua PMII RTK UIN Sunan Gunung Djati Cabang Kabupaten Bandung, Renaldi Juniar menuturkan, kegiatan KKP ini disibukan dengan berbagai agenda. Di antaranya; pengajaran gratis, membangun taman baca, juga terlibat aktif dalam kerja bakti masyarakat setempat.

“Selain itu kita juga akan membuat taman baca dan perpustakaan mini untuk anak-anak,” kata Renaldi dalam keterangan yang diterima beritainspira, Rabu (16/2).

Tak hanya itu, dalam jangka panjang, Renaldi juga berharap bisa membantu mengembangkan potensi dan pendampingan lainnya bagi warga setempat.

“Insya allah rencana kedepannya itu melihat potensi dan permasalahan yang terjadi di daerah tersebut dan mengadvokasikannya,” kata Renaldi.

Dengan semangat menanamkan salah satu pesan akhlak dalam Islam, Hambulmminal ‘alam, pihaknya juga akan mengagendakan kelas khusus yang membahas soal agraria.

“Dalam rangkaian KKP juga kami akan melaksanakan kegiatan Sekolah Agraria, yang mana kegiatannya itu mempelajari terkait teori-teori agraria,” kata dia.

Program unggulan yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh PMII RTK ini juga disebutnya sebagai bentuk penerapan nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi.

‚ÄúSebab bagaimana pun juga kita sebagai mahasiswa harus mempunyai hubungan yang harmonis dengan masyarakat, peduli dengan masyarakat, dan kita ingin bersama masyarakat. Dan secara tidak langsung kita mensukseskan atau melaksanakan visi misi perguruan tinggi,” ucapnya.

Dengan tema Meningkatkan Jiwa Sosial dan Kebermanfaatan di Masyarakat melalui KKP, Renaldi berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan jiwa sosial dalam diri mahasiswa yang terlibat.

“Jiwa sosial mahasiswa harus terbangun, keberadaan mahasiswa juga harus bisa dirasakan oleh masyarakat salah satunya dengan membangun jiwa sosial terhadap masyarakat yaitu dengan melalui KKP ini,” kata Renaldi.

Adapun tujuan selain mendekatkan mahasiswa dengan masyarakat, Renaldi juga berharap agenda ini dapat mengeratkan persaudaraan antar kader PMII RTK UIN Sunan Gunung Djati Cabang Kabupaten Bandung. (gin)