Mau Tau Amalan Mana yang Pahalanya setara Pahala Haji? Coba 7 Amalan yang bisa kalian lakukan

Seperti yang kalian ketahui Ibadah Haji merupakan Rukun Islam yang kelima dan pokok Ibadah yang keempat, yang diperintahkan setelah disyari’atkan ketiga pokok Ibadah sebelumnya, yakni: Ibadah Shalat, Ibadah Puasa Ramadhan, dan Ibadah Zakat. Terutama bagi mereka yang sudah mampu secara lahir maupun batin.

Dan bagi yang tidak mampu untuk melakukan Ibadah Haji, jangan khawatir ada 7 Amalan yang bisa kalian lakukan di rumah yang bisa setara Pahalanya dengan Pahala Haji.

1. Shalat Berjama’ah 5 Waktu di Masjid

” Siapa yang berjalan menuju shalat wajib berjama’ah, maka ia seperti berhaji. Siapa yang berjalan menuju shalat sunnah, maka ia seperti melakukan umrah yang sunnah.”

( HR. Thabrani )

2. Shalat Isyaraq ( Syuruq )

” Barangsiapa yang mengerjakan shalat shubuh dengan berjama’ah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan shalat Sunnah Dhuha, maka ia seperti mendapat pahala orang yang berhaji atau berumroh secara sempurna.”

( HR. Thabrani )

3. Datang Kajian di Masjid

” Siapa yang berangkat ke masjid yang ia inginkan hanyalah untuk belajar kebaikan atau mengajarkan kebaikan, ia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna hajinya.”

( HR. Thabrani )

4. Membaca Tasbih, Tahmid dan Takbir Setelah Sholat

” Ada orang-orang miskin datang menghadap Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mereka berkata, orang-orang kaya itu pergi membawa derajatyang tinggi dan kenikmatan yang kekal. Mereka shalat sebagaimana kami shalat. Mereka puasa sebagaimana kami berpuasa. Namun mereka memiliki kelebihan harta sehingga bisa berhaji, berumrah, berjihad serta bersedekah.”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas bersabda

5. Umrah di Bulan Ramadhan

” Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.”

( HR. Bukhari )

6. Berbakti Kepada Orang Tua

” Bertakwalah pada Allah dengan berbuat baik pada ibumu. Jika engkau berbuat baik padanya, maka statusnya adalah seperti berhaji, berumrah dan berjihad.”

( HR. Ath-Thabrani )

7. Bertekad dan Berniat Haji

Allah SWT selalu melihat niat sebelum beramal, karna niat adalah kunci orang tersebut bersungguh-sungguh dalam beramal atau tidak, jika kita sudah berniat akan tetapi memiliki Udzur tidak melakukan amalan tersebut, maka Allah SWT sudah memberi pahala sesuai niat tsb.

Semisal sudah niat haji tapi antri 40 tahun, sebelum waktu antrian tiba kita sudah meninggal, InsyaAllah Allah SWT akan bayar niat kita seperti pahala berhaji.

Ini seperti hadist berikut tenang sahabat yang terhalang ikut perang.

Semoga materi ini bisa membantu kalian dalam mendapatkan pahala yang besar.

Sumber

Twitter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.