Malam Ini! Penghargaan Akbar ‘Bandung Music Award 2022’ Siap Dihelat 

BANDUNG INSPIRA – Sebuah perhelatan penghargaan musik akbar siap digelar lewat event bertajuk ‘Bandung Music Award 2022’ yang merupakan kreasi dari Yayasan Bandung Mahakarya Abadi. Acara penghargaan bagi para insan musik terbesar di Kota Bandung tersebut akan berlangsung besok di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) pada Jumat, 9 September 2022. 

Sejumlah musisi papan atas pun siap meriahkan Bandung Music Award 2022 seperti Dira Sugandi, Burgerkill, hingga musisi Sunda Rita Tila.  Pada perhelatannya, ada 13 kategori nominasi mulai dari umum, rock & metal, musisibsunda, POP, POP sunda, dangdut, sampai life time achievement. Semua karya dalam ke-13 kategori tersebut sudah melalui proses kurasi yang ketat.

Demikian diungkapkan, Ketua Yayasan Bandung Mahakarya Abadi, Dudi S5 Nay. Ia menegaskan, Bandung Music Awards 2022 hadir sebagai ruang apresiasi karya-karya musik nasional sekaligus perangsang bagi insan musik untuk terus berkarya.

“Apalagi dari ke-13 nominasi tersebut, kata Dudi, penyanyi pendatang baru menjadi nominasi paling

bergensi dalam BMA. Hal itu karena Yayasan Bandung Mahakarya Abadi berusaha merangsang regenerasi musisi-musisi di Indonesia. Yayasan Bandung Mahakarya Abadi pun akan mengumumkan musisi-musisi muda berbakat,” papar Dudi, Kamis (8/9/2022).

Diakuinya, musisi muda berbakat tidak masuk nominasi. Namun, pihaknya sudah melihat dan mencari musisi-musisi potensial. “Yang pasti Bandung Music Awards bertujuan untuk meningkatkan produktivitas karya musik dan kesejahteraan artis seni musik. Karena karya musik Indonesia tidak kalah hebat dari musik-musik di negara lainnya dan harus mendapatkan kesejahteraan yang hebat juga,” katanya. 

Dalam mekanisme penilaiannya, Yayasan Bandung Mahakarya Abadi melibatkan radio dan music director radio untuk proses kurasi sekaligus penilaian nominasi Bandung Music Awards yang akan berlangsung di Sabuga.  Dudi S5 Nay, menjelaskan bahwa pelibatan tersebut karena radio dan music director mengetahul musik mana yang betul-betul digemari masyarakat. Mereka juga mengetahui permintaan masyarakat akan musik.

“Radio itu tidak asal memutar lagu. Mereka menyaring lebih dulu. Jadi, kita yakin mereka menjadi pihak yang tepat untuk ikut dalam proses kurasi. Mereka juga bisa mewakili wajah musik masyarakat Bandung ini,” ucapnya. 

Ia juga mengemukakan, Bandung Music Awards 2022 menilai semua karya musik yang rilis pada 2021. Begitu juga Bandung Music Awards 2023 yang akan menilai karya musik yang rilis 2022. Itu dilakukan agar data yang masuk fair.

“Karya yang rilis pada tahun 2021 itu harus masuk radio. Kenapa? Karena nantinya data ini dikumpulkan oleh radio-radio di Bandung dan disesuaikan dengan chart radio yang ada,” ucapnya.

Menurut Dudi, jika seluruh data rilis dan chart radio selama satu tahun terkumpul, pihaknya mencari karya musik yang paling lama berada di chart radio-radio Kota Bandung. “Dari situ, kita mendapatkan karya yang paling populer selama satu tahun tersebut. Perlu ditekankan, apabila setiap kategori ada yang sama nilainya, maka dilihat lagi dari dari aspek-aspek lainnya seperti produktivitas artis dan lain-lain,” tandasnya. (TRIW)

Leave a Reply

Your email address will not be published.