KSAD Dudung Abdurahman Ajak Mahasiswa Unjani Berani Ambil Resiko

CIMAHI, INSPIRA,- Seorang pemimpin harus berani mengabil keputusan. Meski keputusan yang diambil bakal beresiko buruk atau bahkan malah beresiko baik.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat mengisi kuliah umum di Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Kota Cimahi, Rabu (9/2/2022).

Pernyataan mantan Panglima Komado Strategis Angkatan Darat tersebut, sebagai motivasi kepada para mahasiswa Unjani sebagai colon-calon pemimpin masa depan di Negara Indonesia.

”Sebagai pemimpin masa depan harus bisa selalu mengembangkan diri. Tidak mudah terpengaruh oleh berita-berita hoaks di media sosial,” kata pria kelahiran 19 November 1965 itu.

Untuk menghadapi hal-hal tersebut, lanjutnya, para mahasiswa harus mempersiapkan bagaimana memimpin dan mengajak orang.

”Green Human Resource Managemen ini, bagaimana seorang pemimpin menciptakan lingkungan yang kondusif,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam membangun Green Human Resource Management, ada enam hal yang harus menjadi pedoman yaitu pimpinan harus dihormati, diidolakan, dikagumi, dicintai, diidamkan serta diharapkan.

”Seorang pemimpin juga harus mampu berimajinasi, berinovasi serta memiliki visi dan misi juga memiliki cita-cita dan harapan,” tandasnya.

Sementara itu, Rektor Unjani Hikmahanto Juwana mengatakan, tujuan kuliah umum dari KSAD adalah memberikan motivasi bagi para mahasiswa dalam menghadapi persaingan global di masa depan.

”Apa yang disampaikan Bapak KSAD yang juga sebagai Ketua Pembina Unjani, sesuai dengan visi dan misi Unjani yaitu sebagai universitas yang mahasiswanya memiliki kedisplinan, intrigritas dan loyalitas serta wawasan ilmu pengetahuan yang luas,” terangnya.

Dirinya mengungapkan, konsep Green Human Resource Management yang disampaikan Kasad, sesuai dengan visi dan misi Unjani.

”Kita ingin Unjani menjadi Universitas yang berorientasi lingkungan yang memberikan manfaat bagi masyarakat,” katanya (Juna).