hindari bau mulut

Aroma Napasmu Tak Sedap? Inilah Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya!

HEALTH INSPIRA РTak bisa dipungkiri, bau mulut atau kondisi aroma napas tak sedap akan cukup  mengganggu orang-orang di sekitar Anda. Dengan kondisi tersebut, tentu tingkat percaya diri Anda akan berkurang dalam bersosialisasi dengan teman, kerabat, dan khalayak ramai.

Bakteri terindikasi sebagai salah satu penyebab bau mulut. Bakteri penyebab bau mulut merupakan bakteri yang termasuk ke dalam golongan volatile sulfur compounds (VSCs), dimana bakteri penyebab bau mulut tersebut dikenal dengan nama Streptococcus salivarius.

Selain bakteri, adapun lima faktor lain yang menyebabkan bau mulut dan cara mengatasinya. Yuk simak penjelasan berikut ini.

  1. Tidak menjaga kebersihan mulut dan gigi

Dengan tidak terjaganya kebersihan mulut dan gigi berakibat bakteri menumpuk. Banyaknya bakteri yang menumpuk berujung pada napas tak sedap, hingga bakteri jahat di mulut akan menyebabkan plak, gigi berlubang, dan radang gusi. Cara menjaga kebersihan mulut dan gigi anda perlu rutin untuk menggosok gigi, membersihkan sela-sela gigi dengan dental floss.

  1. Mengkonsumsi makanan dan minuman dengan aroma yang tajam

Makanan dan minuman dengan bau atau aroma yang tajam seperti bawang, rempah-rempah, dan kopi dapat membuat bau mulut tak sedap. Bau mulut ini dikarenakan oleh adanya minyak yang diserap dari makanan tersebut saat proses pencernaan. Lalu, terserap ke dalam aliran darah dan berakhir di paru-paru.

  1. Mulut kering

Bau mulut juga ternyata bisa disebabkan oleh keringnya rongga mulut. Faktor yang menyebabkan keringnya rongga mulut selain karena kurang minum, biasanya disebabkan oleh kebiasaan aktif merokok, serta sedang dalam penggunaan obat-obatan medis. Untuk mengatasi bau mulut akibat mulut kering cara sederhananya adalah dengan banyak minum air putih, karena dengan banyak minum air putih, tubuh kita akan terhidrasi dan mulut akan memproduksi saliva (air liur). Jika di dalam mulut Anda terdapat saliva (air liur) maka aroma tak sedap dari mulut Anda akan teratasi, karena saliva (air liur) berfungsi untuk menjaga mulut tetap bersih dengan napas segar.

Baca juga disini 7 Tips Ini dapat Menjaga Lambung Anda Tetap Sehat

  1. Adanya infeksi saluran pernapasan

Adanya infeksi saluran pernapasan dari ringan hingga berat akan menyebabkan bau mulut. Infeksi saluran pernafasan tersebut seperti batuk, pilek, sinusitis, bronkitis, hingga pneumonia. Dengan menjaga kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi menjadi salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi bau mulut ketika mengidap infeksi saluran pernafasan.

  1. Penyakit amandel

Infeksi bakteri yang terjadi pada tenggorokan akan mengakibatkan penyakit amandel yang menimbulkan rasa sakit dan terjadi pembengkakan.  Bau mulut terjadi ketika sisa makanan yang tersangkut pada pembengkakan amandel kemudian mengeras menjadi endapan kalsium berupa batu amandel, hal tersebut pula yang menyebabkan aroma tidak segar pada mulut. Cara untuk mengatasi bau mulut ketika amandel adalah banyak minum air putih, meminimalisir makanan berminyak, menggosok gigi setelah makan, dan makan makanan yang bertekstur tidak terlalu kasar guna memudahkan Anda untuk menelan dan mencegah makanan yang tersisa dalam mulut tersangkut pada pembengkakan amandel yang menyebabkan bau mulut.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi bau mulut. Yuk mari kita jaga kesehatan mulut kita supaya terbebas dari bau mulut!

Baca juga disini Sering Alami Gangguan Kecemasan? Lakukan Beberapa Cara Ini Untuk Menanganinya!

 

^Faruq Aditya KW^

Sumber : mitrakeluarga.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *