Motif batik indonesia

Indonesia Banget! Berikut Berbagai Macam Produk Batik Yang Bikin Kalian Makin Cinta Indonesia

Hari Batik baru saja dilaksanakan kemarin tepat tanggal 2 Oktober yang menjadikanya sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO sejak tahun 2009 lalu. Tetapi, batik sendiri sudah berada di Indonesia sejak abad ke-17 dan biasanya digunakan sebagai motif di pakaian atas yang formal dengan memadukan bawahan yang polos.

Dan kini, dengan semakin meluasnya penggemar batik dan juga dengan kreativitas yang dimiliki masyarakat Indonesia, batik pun berkreasi dan menghasilkan berbagai macam produk. Berikut berbagai macam kreasi produk batik yang wajib kalian punya supaya lebih Indonesia banget!

1. Hiasan Dinding

Yang pertama ini ada hiasan dinding. Kalian pasti pernah melihat hiasan dinding yang menggunakan batik kan? Baik itu yang langsung menggunakan kain batiknya, yang menggunakan kertas lalu di print, ataupun yang berasal dari kayu lalu diukir dengan motif batik. Kreasi produk yang satu ini bisa kalian beli di online maupun offline shop dan bisa juga kalian buat sendiri.

Hiasan dinding batik dari batik
Hiasan dinding batik dari batik
Hiasan dinding batik ukir
Hiasan dinding batik ukir

2. Sarung Bantal

Setiap orang pasti memiliki benda yang satu ini. Dikamar, ruang keluarga, ruang tamu, maupun tempat kecil yang digunakan untuk kita bersantai. Jika kalian bosan dengan motif bantal yang itu-itu saja. Bisa juga menggunakan sarung bantal dengan motif batik yang memiliki banyak motif. Sarung bantal ini dijual di berbagai marketplace dengan dibandrol dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Batik yang dijadikan motif pada sarung bantal
Batik yang dijadikan motif pada sarung bantal
Batik yang dijadikan motif pada sarung bantal

3. Wallpaper Tembok

Menghias dinding tembok tidak hanya menggunakan cat tembok, saat ini terdapat wallpaper tembok yang cara kerjanya hanya tinggal kita tempelkan di daerah tembok yang kita mau. Apalagi saat ini, wallpaper tembok tersebut tersedia dengan berbagai macam motif batik dan warna yang beragam pula.

Wallpaper tembok bermotif batik
Wallpaper tembok bermotif batik

4. Taplak Meja

Hal ini bukan hal yang asing. Disekolah pasti menggunakan taplak yang bermotif batik kan? Yang biasanya berwarna gelap, yakni hitam, coklat, dan ungu. Tapi saat ini, taplak meja motif batik ini lebih beragam lagi dan tentunya dengan motif batik yang lebih modern juga.

5. Tatakan Gelas

Kemudian ada tatakan meja. Nah, alat yang satu ini bisa kalian buat dengan mudah dirumah, dengan melipat kain batik yang kalian punya sebesar potongan kecil sesuai besar gelas. Lalu dijahit pinggir-pinggirnya dan jadi deh! Tapi kalau kalian tidak mau ribet, bisa juga kok beli di market secara online maupun offline.

6. Peralatan Dapur

Ada juga loh yang mengkreasikan batik dengan peralatan dapur seperti centong nasi di bawah ini, keren banget kan? Selain centong, masih banyak juga peralatan dapur yang bermotif batik.

Centong dengan motif batik
Centong dengan motif batik

7. Case Handphone

Alat yang satu pun pasti sudah tidak biasa pastinya pada zaman ini apalagi bagi generasi sekarang. Sekarang ada juga orang yang mengkreasikannya dengan menggunakan batik sebagai motif pada case handphone tersebut yang membuatnya semakin trendy jika digunakan orang-orang pada saat ini.

Nah, itu dia berbagai jenis kreasi produk batik yang tentunya akan terus berinovasi. Kece-kece kan? Jadi makin cinta ga nih sama Indonesia?

(Penulis

Syfa Putri Amalia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *